PERANCANGAN APLIKASI ANDROID HALAL CHECK BERDASARKAN PEDOMAN MATERIAL DESIGN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN

Purnomo, Fariz (2020) PERANCANGAN APLIKASI ANDROID HALAL CHECK BERDASARKAN PEDOMAN MATERIAL DESIGN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111640000133-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05111640000133-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Jumlah penduduk Indonesia mencapai 209.1 juta dimana 85% dari mereka adalah penduduk muslim yang sangat membutuhkan akses informasi terkait kehalalan suatu produk, baik bahan yang dikonsumsi sehari-hari maupun yang dikonsumsi saat berpergian ke tempat yang berpenduduk minoritas muslim. Mengonsumsi makanan yang halal merupakan suatu kewajiban bagi umat islam. Upaya untuk masyarakat muslim terkait kemudahan informasi pencarian informasi halal dilakukan melalui website Lembaga Pengkajian Obat-Obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI. Namun demikian, informasi yang ada di website tersebut masih terbatas dan sulit untuk diakses oleh pengguna, termasuk maryarakat umum. Salah satu upaya yang dilakukan ITS untuk memberikan kemudahan adalah dengan membuat sistem informasi Halal Nutrition Food. Aplikasi tersebut menyediakan beberapa fitur pencarian nama produk, bahan dan kosmetik. Di dalamnya juga terdapat fitur untuk menambahkan produk, bahan, kosmetik yang belum terdaftar.
Untuk mengatasi masalah tersebut, Tugas Akhir ini membahas perancangan antarmuka aplikasi untuk ponsel pintar berbasis Android bernama “Halal Nutrition”. Aplikasi ini berfungsi untuk mendekatkan seluruh sistem informasi yang ada di Halal Nutrition Food dengan masyarakat umum. Untuk mewujudkan aplikasi yang benar-benar memiliki pengalaman pengguna yang baik, Tugas Akhir ini menerapkan proses user centered design yang berdasarkan pedoman material design dan usability testing. Dengan pengalaman pengguna yang baik, sistem informasi terkait akan menjadi lebih sering digunakan dan lebih mudah ketika digunakan. Sebagai hasilnya, seluruh fitur informasi yang ada dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh penguna demi memudahkan pencarian informasi. Dari hasil uji coba terakhir menggunakan system usability scale, pengguna meraih nilai 92 untuk pemahaman aplikasi ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Android, User Centered Design, Contextual Inquiry, Usability Testing, System Usability Scale.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.774.A53 Android
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fariz Maulana Purnomo
Date Deposited: 03 Aug 2020 07:30
Last Modified: 11 May 2023 06:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76796

Actions (login required)

View Item View Item