Yudiantoro, Efandis (2016) Desain Kursi Makan Batita Jenis Floor Feeding Seat Dengan Konsep Playful Dan Movable. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3411100056-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Aktifitas makan dapat mempengaruhi karakter anak, karena aktifitas
makan yang baik akan menunjang perkembangan afektif, motorik, psikomotorik
dan kemandirian. Permasalahan seputar aktifitas makan sering terjadi karena
anak rewel dan mudah bosan saat aktifitas makan. Mainan pegangan adalah
salah satu alternatif untuk mengalihkan perhatian anak saat aktifitas makan
berlangsung. Selain itu dibutuhkan storage yang dapat menampung perlengkapan
makan anak pada kursi makannya. Kursi makan tersebut juga harus mudah
dipindahkan untuk mempermudah kerja ibu dalam mengambil dan memindahkan
kursi makan anak.
Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah Diary Studies, Story
Telling, Shadowing , dan Persona untuk mengidentifikasi kebutuhan seperti,
pengalih perhatian ketika anak mulai bosan dengan aktifitas makannya, seperti
mainan pegangan, dan peralatan makan khusus anak.
Pengumpulan data juga didukung dengan data yang diperoleh dari studi
yang telah dilakukan seperti studi pasar, studi material, studi struktur dan lainlain yang nantinya akan membantu dalam proses produksi masal dengan bantuan
software manufaktur seperti autocad, 3dmax dan lain-lain.
Konsep desain yang digunakan adalah movable, mempunyai storage dan
desain yang menarik bagi anak. Movable sendiri berarti dapat dengan mudah
dipindah tempatkan dalam area indoor atau dalam rumah. Memiliki storage yang
berarti dapat menampung pelengkapan makan anak, dan desain yang menarik
bagi anak yang berarti kursi makan yang didesain dengan bentuk dan warna yang
menarik bagi anak dengan tujuan untuk menarik antusiasme anak dalam aktifitas
makan.
==================================================================================================================
Feeding activity can affect children in the future, because a good feeding
activity will support improvement, affective, motoric, psychometric and
autonomy. Problems happened when children often being fussy and easy to
getting bored while their feeding activity. A grab toy is needed to distract the
children while their feeding activity and also need a storage to accommodate
their feeding fixtures on their chair, also a chair that easy to moved and will
make mother’s job become easier to take and move the children’s chair.
The data collecting method including Diary Studies, Story Telling,
Shadowing , and Persona to identify their needs like distraction when the
children start to get bored with their feeding activity, for example a grab toy, and
feeding fixtures for kids.
Data collecting also supported by some data that received from
doing studies like marketing, materials, structures and other studies that helped
to do the process of mass production with supports from manufacturing soft
wares like Autocad, 3Ds Max and others.
In this final project, the design concept will be movable,
additional storage and an interesting design for kids. Movable means easily to
move in indoor or in the house. Additional storage that can accommodate
children’s feeding fixtures, and an interesting design for children which is means
a feeding chair that designed with an interesting shape and color for children to
increase the children’s enthusiasm while in their feeding activity.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSDP 749.32 Yud d |
Uncontrolled Keywords: | Batita, Aktifitas makan, Eksplorasi, Kursi makan batita |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 03 Aug 2020 02:51 |
Last Modified: | 03 Aug 2020 02:51 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/76839 |
Actions (login required)
View Item |