SIMULASI PROSES PEMUATAN PUPUK IN BAG DI PELABUHAN PETROKIMIA GRESIK UNTUK MENINGKATKAN LOADING RATE

Putra, Bagusranu Wahyudi (2020) SIMULASI PROSES PEMUATAN PUPUK IN BAG DI PELABUHAN PETROKIMIA GRESIK UNTUK MENINGKATKAN LOADING RATE. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
Revisi Tesis Bagusranu (OK).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Pupuk merupakan komoditi yang wajib disalurkan secara tepat waktu dan telah menjadi salah satu program pemerintah untuk menjaga ketersediaan stok pupuk agar tidak terjadi kelangkaan. Dalam hal ini Pelabuhan Petrokimia Gresik adalah salah satu faktor untuk mendukung program tersebut dalam menjaga kecepatan pemuatan Pupuk In Bag, agar pupuk tersebut dapat disalurkan secara tepat waktu. Permasalahan yang terjadi di Pelabuhan Petrokimia Gresik adalah rendahnya kecepatan pemuatan pupuk in bag dalam kurun waktu 4 tahun terakhir yang selalu berada di bawah KPI (Key Performance Indicator). Rendahnya kecepatan pemuatan pupuk in bag akan berpengaruh pada biaya proses pemuatan pupuk in bag. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan simulasi proses pemuatan pupuk in bag di Pelabuhan Petrokimia Gresik agar dapat mengetahui faktor yang mempengaruhi rendahnya proses pemuatan dan timbul alternatif skenario yang terpilih untuk meningkatkan proses pemuatan pupuk in bag. Pupuk in bag yang diteliti adalah Phonska, ZA, SP-36 dan Petroganik. Penelitian ini menggunakan metode simulasi kejadian diskrit karena sistem yang bersifat kompleks dan ketidakpastian yang tinggi. Hal ini didasari dengan selalu memastikan kesiapan stok cargo pada gudang secara kontinyu, kehandalan alat berat dan truk serta kualitas dari SDM dalam melakukan aktivitas pemuatan yang saling berpengaruh. Hasil penelitian terhadap faktor yang mempengaruhi rendahnya kecepatan muat adalah tingginya waktu persiapan pemuatan di dermaga yang mencapai 29,35% dari seluruh kegiatan pemuatan, dan tingginya waktu pemuatan di dermaga yang mencapai 23,15% dari seluruh kegiatan pemuatan serta tingginya waktu perjalanan truk dari gudang ke dermaga yang mencapai 22,95% dari seluruh kegiatan pemuatan. Penelitian ini mengevaluasi 7 alternatif skenario perbaikan. Skenario terbaik dari sisi ROI adalah dengan menambahkan tenaga pengawasan internal lapangan di setiap shift pada saat pemuatan pupuk in bag yang mampu meningkatkan kecepatan pemuatan menjadi 668,29 ton/day atau meningkat 54% dari kondisi awal (eksisting). Dari perhitungan kelayakan biaya investasi, didapatkan nilai return of investment (ROI) sebesar 68% dalam jangka waktu 1 tahun dan nilai payback period (PP) sebesar 0,60 tahun. Skenario terbaik dari sisi kecepatan muat adalah menambahkan tenaga pengawasan internal dan menerapkan metode baru yaitu pemuatan pupuk menggunakan sling bag dengan peningkatan loading rate menjadi 804,17 ton/day, nilai ROI sebesar 23% dalam jangka waktu satu tahun serta nilai PP sebesar 0,81 tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kecepatan pemuatan pupuk in bag, simulasi, tarif pemuatan pupuk
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD38.5 Business logistics--Cost effectiveness. Supply chain management. ERP
Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Bagusranu Wahyudi Putra
Date Deposited: 04 Aug 2020 04:47
Last Modified: 04 Aug 2020 04:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76901

Actions (login required)

View Item View Item