Perancangan Kalman Filter Terdistribusi Dengan Menggunakan Algoritma Kontrol Terdesentralisasi Pada Quadruple Tank Proses

[Lumbanraja], [Reyner E.] (2020) Perancangan Kalman Filter Terdistribusi Dengan Menggunakan Algoritma Kontrol Terdesentralisasi Pada Quadruple Tank Proses. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02311640000151-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
02311640000151-Non_Degree.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan sistem kontrol adalah masalah dasar yang sering terjadi pada setiap industri, apalagi industri yang sudah memiliki sistem MIMO (Multi Input Multi Output). Pada penelitian kali ini dilakukan pengestimasian level air pada quadruple tank menggunakan kalman filter yang terdistribusi dengan pemodelan sistem kontrol decentralize PI dan satu PI kontroler saja. Quadruple tank merupakan plant yang sudah menggunakan sistem MIMO dimana inputnya adalah tegangan pada pompa (u) dan outpunya adalah tegangan dari alat pengukur level (y). Langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pemodelan quadruple tank, perancangan algoritma estimasi, dan pengujian performansi dari sistem yang sudah dibuat. Pada penilitian kali ini pun dibandingkan pula nilai estimasi dari sistem decentralize PI dengan satu kontroler PI saja yang mana nilai terbsar Root Mean Square Error dari sistem decentralize PI adalah 0,057184386 dan pada satu kontroler saja sebesar 0,048490695. Dari sini terlihat estimator dapat mengestimasi dengan benar, baik menggunakan sistem decentralize PI ataupun dengan satu kontroler PI saja. Namun dari nilai RMSE yang didapat, terlihat bahwa satu kontroler PI memiliki performansi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Quadruple tank, Decentralize PI, Kalman filter, distributed kalman filter, Quadruple tank, Decentralize PI, Kalman Filter, Distributed Kalman filter.
Subjects: Q Science > QC Physics > QC151 Fluid dynamics
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Reyner Erickson
Date Deposited: 05 Aug 2020 01:47
Last Modified: 25 May 2023 03:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76937

Actions (login required)

View Item View Item