Desain Dan Analisa Aerodinamika Front Wing Dan Rear Wing Pada Mobil Student Formula Sapuangin Speed

dj, Muh Indjra (2020) Desain Dan Analisa Aerodinamika Front Wing Dan Rear Wing Pada Mobil Student Formula Sapuangin Speed. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02311640000068-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02311640000068-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ITS team Sapuangin telah mengikuti kompetisi Student Formula Japan (SFJ) sejak tahun 2012 dengan nama mobil SapuAngin Speed (SAS). Lintasan balap pada kompetisi ini terdiri dari belokan tajam berulang. Oleh karena itu, penggunaan wing dapat menjadi salah satu solusi untuk menigkatkan performa belok kendaraan. Simulasi awal dilakukan pada mobil SAS untuk mengetahui kondisi existing mobil. Kemudian dipilih jenis airfoil Eppler E423 dan S1210 untuk rear dan front wing berturut-turut. Hasil simulasi menujukkan nilai Cd dan Cl mobil tanpa wing adalah 0,6189 dan 0,0078 sementara dengan wing adalah 0,6722 dan -1,055. Hasil akhir desain menujukkan distribusi beban yang diterima roda depan dan belakang adalah 51,83% dan 48,17%. Penambahan wing menunjukkan top speed kendaraan yang dihasilkan menurun menjadi 41 m/s dari kecepatan awal sebesar 45 m/s dan gaya traksi pada roda di trek lurus berkurang 0,058% - 5,314% dari sebelumnya. Meski begitu, kecepatan maksimum mobil meningkat 0,958% - 11,014% pada saat berbelok.
=========================================================================
ITS team Sapuanginn has followed the Student Formula Japan (SFJ) competition since 2012 with a car's name of SapuAngin Speed (SAS). The winner will belong to a team with the highest score. The track in this competition consists repeated sharp corners. Therefore, the use of wings can be one solution to improve cornering speed. Initial simulation is performed to determine the existing condition of the cars. Then selected airfoil type Eppler E423 and S1210 for the rear and front wing respectively. Simulation result show cd and cl without wing are 0,6722 and 0,0078 while with wing 0,6722 and -1,055. Final design result show that load distribution received by the front and rear wheels is 51,83% and 48,71%. The addition of wing decrease the top speed to 41 m/s from 45 m/s and traction force on the wheels decrease 0,058% - 5,314% on the straight line. However, the maximum cornering speed increase 0,958% - 11,014%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aerodinamika, FSAE, Rear Wing, dan Front Wing Aerodynamics, FSAE, Rear Wing, and Front Wing
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muh Indjra Dj
Date Deposited: 05 Aug 2020 03:58
Last Modified: 23 May 2023 05:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76962

Actions (login required)

View Item View Item