PERANCANGAN SISTEM IRIGASI DAN KONTROL NUTRISI OTOMATIS UNTUK BUDIDAYA TANAMAN DENGAN TEKNIK HIDROPONIK

MUHAMAD GIRI, GINANJAR (2016) PERANCANGAN SISTEM IRIGASI DAN KONTROL NUTRISI OTOMATIS UNTUK BUDIDAYA TANAMAN DENGAN TEKNIK HIDROPONIK. In: Final Assignment, June 2016, ELECTRICAL ENGINEERING DEPARTEMENT. Faculty of Industrial Technology.

[img] Text
2212105005-Paper.pdf

Download (637kB)
[img] Text
2212105005-Presentation.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penerapan teknologi pada bidang pertanian khususnya bidang hidroponik sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Dalam teknik hidroponik, lingkungan daerah pengakaran harus memenuhi syarat pertumbuhan optimal tanaman. Hal ini ditentukan oleh keadaan larutan dan sirkulasinya. Sistem pengairan yang dirancang menggunakan sensor EC dan sensor pH yang akan dikompensasi nilainya dengan sensor suhu. Data dari ketiga sensor tersebut digunakan sebagai input untuk kontrol PID. Output dari kontrol PID akan menentukan larutan apa yang akan ditambahkan ke dalam larutan nutrisi agar tercapai nilai pH dan EC yang diinginkan. Alat ini dirancang dengan menggunakan sistem hidroponik Nutrient Film Technique (NFT) dan dengan fleksibilitas dalam menentukan setting pH, EC, dan kecepatan aliran nutrisi. Sistem kontrol hidroponik yang dirancang secara garis besar sudah dapat mengejar nilai set point EC dan pH yang ditentukan dengan error rata – rata berkisar 500uS untuk EC dan 1 untuk pH. Secara elektronik sistem sudah berfungsi sesuai yang diharapkan. Kekurangan kinerja sistem dikarenakan sistem mekanik keran modifikasi dengan servo dan botol nutrisi yang kurang sempurna (terlalu berat, tidak seragam, terpengaruh gravitasi). Pengukuran nilai intensitas cahaya tidak berhasil mendekati nilai yang seharusnya sedangkan pengukuran suhu berhasil mengukur suhu dengan nilai error dibawah 1%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: RSE 627.52 Gin p
Uncontrolled Keywords: Hidroponik, pH, Electrical Conductivity, Nutrisi, Kontrol PID, Hydroponic, pH, Nutrition, PID Control.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 08 Nov 2016 08:39
Last Modified: 08 Nov 2016 08:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/770

Actions (login required)

View Item View Item