IMPLEMENTASI SELEKSI RUTE BERDASARKAN KONDISI ENERGI JALUR DALAM AD-HOC ON DEMAND DISTANCE VECTOR (AODV) DALAM MANET

Pradipta, Achmad Hanif (2020) IMPLEMENTASI SELEKSI RUTE BERDASARKAN KONDISI ENERGI JALUR DALAM AD-HOC ON DEMAND DISTANCE VECTOR (AODV) DALAM MANET. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111640000154-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
05111640000154-Undergraduate-Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mobile Ad-hoc Network atau MANET merupakan sebuah jaringan yang tidak menggunakan infrastruktur permanen. Hal ini disebabkan karena tingkat mobilitas node yang tinggi menyebabkan MANET tidak memerlukan infrastruktur yang tetap seperti layaknya topologi jaringan yang lain.Secara singkat MANET merupakan sistem jaringan dimana setiap node tidak hanya berperan sebagai host atau perangkat pengguna saja, akan tetapi setiap node berperan sebagai router yang dapat meneruskan paket kepada node lain yang menjadi tujuan pengiriman paket tersebut.Dalam MANET terdapat banyak routing protocol yang dapat diterapkan. Salah satunya adalah AODV, yaitu Ad hoc On demand Distance Vector.

AODV merupakan routing protocol yang termasuk ke dalam reactive routing protocol, yang hanya meminta rute ketika dibutuhkan. AODV memiliki dua fase, yaitu route discovery dan route maintenance. Route discovery digunakan untuk meminta dan meneruskan informasi rute, sedangkan route maintenance digunakan untuk mengetahui informasi adanya kesalahan pada rute.

Modifikasi yang dilakukan dengan melakukan penghitungan energi rata-rata dan jalur energi dimana dalam algoritma ini area node dibagi menjadi 3 bagian yaitu zona dalam,zona tengah dan zona luar yang bertujuan untuk mengurangi pengiriman paket secara terus-menerus dan mengurangi jumlah hope di route discovery,kemudian dilakukan seleksi lagi berdasarkan threshold kecepatan,arah dan congestion level dengan Total Weight of the Route (TWR). Kemudian akan dilakukan seleksi forwarding node berdasarkan kekuatan sinyal dan pemilihan rute RREP berdasarkan rata-rata energi pada RREQ.
Dari hasil simulasi, AODV yang dimodifikasi pada skenario grid berhasil meningkatkan nilai rata-rata Packet Delivery Ratio (PDR) hingga 28,47% dan menurunkan end-to-end delay hingga 67,75%. Dan pada skenario real berhasil meningkatkan nilai rata-rata Packet Delivery Ratio (PDR) hingga 35,24% dan menurunkan end-to-end delay hingga 60,21%.

Kata kunci: AODV, MANET, TWR

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: MANET, AODV, TWR
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE228.37 Vehicular ad hoc networks (Computer networks)
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Computer Engineering > 90243-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Achmad Hanif Pradipta
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:47
Last Modified: 29 May 2023 04:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77430

Actions (login required)

View Item View Item