Analisis Pengaruh Perubahan Tutupan Lahan Menggunakan Metode Index-Based Built-Up Index (IBI) terhadap Suhu Permukaan Tanah di Kota Surabaya

Afiah, Sabrina Nur (2020) Analisis Pengaruh Perubahan Tutupan Lahan Menggunakan Metode Index-Based Built-Up Index (IBI) terhadap Suhu Permukaan Tanah di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
Sabrina Nur Afiah_03311640000059_Buku_TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kota Surabaya merupakan pusat perdagangan, bisnis, pendidikan, dan industri di Indonesia. Hal ini menyebabkan tingginya angka perpindahan penduduk di Kota Surabaya. Selain itu, untuk menunjang aktivitas manusia, penggunaan lahan akan bergeser dari keperluan pertanian menjadi keperluan tempat tinggal dan sebagainya. Peningkatan jumlah penduduk di Kota Surabaya menyebabkan kebutuhan akan lahan untuk permukiman juga semakin meningkat dan akan berdampak pada peningkatan suhu. Fenomena ini dikenal dengan istilah Urban Heat Island (UHI). Fenomena UHI ditandai dengan adanya suatu daerah yang memiliki suhu yang jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan suhu sekitar. Pengolahan UHI membutuhkan data penginderaan jauh dengan band thermal. Band thermal tersebut digunakan untuk memperoleh estimasi suhu permukaan (Land Surface Temperature). Penelitian ini mengkaji pengaruh perubahan tutupan lahan terhadap suhu permukaan tanah di Kota Surabaya dengan menggunakan data citra satelit Landsat 7 ETM+ dan Landsat 8 OLI/TIRS. Perhitungan Suhu Permukaan tanah (LST) menggunakan metode algoritma Single Channel (SC) serta ekstraksi tutupan lahan menggunakan Index-Based Built-Up Index (IBI) dengan indeks spektral Normalized Difference Vegetation Index (NDVI), Modified Normalized Difference Water Index (MNDWI), dan Normalized Difference Built-Up Index (NDBI). Nilai suhu permukaan rata-rata untuk Kota Surabaya tahun 2002 sebesar 29,08 °C, tahun 2014 sebesar 26,88 °C, dan tahun 2019 sebesar 27,10 °C. Perubahan tutupan lahan terjadi secara signifikan pada wilayah Kota Surabaya bagian barat dengan perubahan lahan terbangun dari tahun 2002 sampai dengan 2019 sebesar 13,99 km2. Untuk menganalisis hubungan antara tutupan lahan dengan LST, uji korelasi regresi linier sederhana dilakukan. Rata rata nilai korelasi antara LST dengan IBI di Kota Surabaya pada tahun 2002, 2014, dan 2019 adalah 0,5927. Dari nilai rata-rata tiap tutupan lahan, nilai LST menurun dari kelas lahan terbangun sampai kelas tutupan lahan air. Hal ini membuktikan bahwa semakin meningkatnya lahan terbangun berdampak pada peningkatan nilai suhu permukaan. Pengaruh gas buang dari transportasi juga bisa menyebabkan suhu di Kota Surabaya naik. Peningkatan luas industri akan menambah jumlah gas buang yang dikeluarkan oleh sektor industri. Selain itu, sektor transportasi menyumbang 5,48 juta ton per tahun emisi karbon atau sekitar 96% dari total emisi udara di Kota Surabaya. Kecuali pada tahun 2002, suhu permukaan lebih tinggi dikarenakan pada tahun 2002 terjadi fenomena El-Nino lemah, selain itu RTH pada tahun 2002 belum memenuhi peraturan UU No. 26 Tahun 2007.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Index-Based Built-Up Index, MNDWI, NDBI, NDVI, Suhu Permukaan Tanah
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography > GA139 Digital Elevation Model (computer program)
T Technology > TR Photography > TR267.733.M85 Multispectral imaging
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Geomatics Engineering > 29202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Sabrina Nur Afiah
Date Deposited: 12 Aug 2020 03:49
Last Modified: 12 Aug 2020 03:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77734

Actions (login required)

View Item View Item