Perancangan Antarmuka Aplikasi Mobile PPDB Jatim Menggunakan Metode User Centered Design Berdasarkan Pedoman Material Design

Filano, Falah Nurli (2020) Perancangan Antarmuka Aplikasi Mobile PPDB Jatim Menggunakan Metode User Centered Design Berdasarkan Pedoman Material Design. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111640000122-Falah-Nurli-Filano-Buku_TA.pdf]
Preview
Text
05111640000122-Falah-Nurli-Filano-Buku_TA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pendaftaran Peserta Didik Baru atau yang disingkat PPDB merupakan hal yang tidak asing kita dengarkan setiap pergantian tahun ajaran baru. PPDB hadir sebagai fasilitas pemerintah untuk mendaftarkan calon peserta didik ke jenjang pendidikan selanjutnya, tidak terkecuali di Provinsi Jawa Timur ini. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur adalah pengelola PPDB Jatim untuk jenjang SMA dan SMK, dalam beberapa tahun terakhir Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan departemen Teknik Informatika ITS untuk mengembangkan sistem informasi pada PPDB. Setiap tahunnya sistem informasi PPDB terus dikembangkan dan disesuaikan oleh tim dari departemen Teknik Informatika ITS untuk mengikuti ketentuan yang diberlakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan memenuhi kebutuhan calon peserta didik, salah satunya adalah pengembangan aplikasi mobile yang dimulai tahun ini. Penyelenggaraan PPDB yang berskala provinsi ini tidak luput dari banyaknya permasalahan yang dihadapi pengguna, seperti pemahaman informasi yang tidak sama antar pengguna, alur pendaftaran yang membingungkan, ditambah lagi pada PPDB SMA dan SMK tahun 2020 ini, terdapat penyesuaian karena sedang terjadinya pandemi sehingga semua kegiatan PPDB secara offline ditiadakan dan dialihkan menjadi online.
Untuk mengatasi masalah tersebut, pada Tugas Akhir ini telah dibuat rancangan antarmuka aplikasi mobile PPDB Jatim berbasis Android yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan dan kemudaham pendaftaran calon peserta didik. Untuk mewujudkan aplikasi yang benar-benar memiliki pengalaman pengguna yang baik, pada Tugas Akhir ini saya menggunakan User Centered Design. Dengan pengalaman pengguna yang baik, semua pengguna dari berbagai macam latar belakang dapat mendaftar dengan mudah tanpa adanya kesalahan yang dibuat sehingga merugikan pengguna itu sendiri. Kesimpulan dari Tugas Akhir ini perancangan antarmuka yang telah diimplementasi memiliki pengalaman pengguna yang baik dengan hasil pengujian yang cukup memuaskan menggunakan A/B Testing, Usability Evaluation, dan Heuristic Evaluation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mobile Application, User Centered Design, A/B Testing, Usability Evaluation, Heuristic Evaluation. Aplikasi Mobile, User Centered Design, A/B Testing, Usability Evaluation, Heuristic Evaluation.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.774.A53 Android
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Falah Nurli Filano
Date Deposited: 13 Aug 2020 00:31
Last Modified: 19 May 2023 07:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77745

Actions (login required)

View Item View Item