Perancangan Estimator Kecepatan Berbasis Particle Filter Untuk Speed Sensorless Control Pada Motor Induksi

Simbolon, Egy Josua (2020) Perancangan Estimator Kecepatan Berbasis Particle Filter Untuk Speed Sensorless Control Pada Motor Induksi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02311640000128-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada penilitian ini dilakukan perancangan speed sensorless control untuk motor induksi dengan menggunakan algoritma Particle Filter (PF) sebagai estimator kecepatan dan Direct Torque Control (DTC) sebagai skema kontrol yang dipakai untuk pengendalian kecepatan motor induksi. Algoritma Particle Filter bekerja dengan cara memanfaatkan suatu set partikel yang memiliki bobot disebut dengan sampel untuk mendapatkan hasil estimasi dari suatu sistem yang bersifat nonlinier. Pada perancangan ini DTC digunakan dengan nilai Kp sebesar 0,1 dan Ki sebesar 0,01. Pada uji coba dengan sistem open loop didapatkan respon kecepatan motor induksi sebesar 157.1 rad/s dalam keadaan steady state, dan keadaan ini dicapai pada detik ke 0,2. Hasil yang sama ditunjukkan juga oleh algortima Particle Filter, yang diamana hal ini menunjukkan bahwa Particle Filter dapat digunakan sebagai estimator kecepatan. Untuk pengujian dengan sistem kontrol close loop, rentang pengujian yaitu pada kecepatan 50 hingga 500 rpm, dengan error steady state yang didapatkan lebih kecil dari 5%. Berdasarkan nilai error yang diperoleh dapat dikatakann bahwa perancangan speed sensorless control untuk motor induksi sudah berjalan dengan baik, namun demikian pada kecepatan tinggi seperti 350 dan 500 rpm hasil yang diapat memiliki nilai overshoot yang tinggi dan settling time yang lama. ======================================================================================================================== In this research, speed sensorless control design for induction motors is done by using the Particle Filter algorithm (PF) as a speed estimator and Direct Torque Control (DTC) as a control scheme used to control the speed of an induction motor. The Particle Filter algorithm works by utilizing a set of particles that have a weight called a sample to get the estimation results from a nonlinear system. In this design DTC is used with a Kp value of 0.1 and Ki of 0.01. In trials with the open loop system, the speed of the induction motor response is 157.1 rad / s in a steady state, and this state is reached in seconds to 0.2. The same result was also shown by the Particle Filter algorithm, which indicates that the Particle Filter can be used as a speed estimator. For testing with a close loop control system, the test range is at speeds of 50 to 500 rpm, with a steady state error obtained less than 5%. Based on the value of the error obtained it can be said that the design of the speed sensorless control for the induction motor is running well, however at high speeds such as 350 and 500 rpm the results obtained have a high overshoot value and a long settling time.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Direct Torque Control, Motor Induksi, Particle Filter, Speed Sensorless Control, Direct Torque Control, Induction Motor, Particle Filter, Speed Sensorless Control
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2785 Electric motors, Induction.
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Egy Josua Simbolon
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:36
Last Modified: 13 Aug 2020 01:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77766

Actions (login required)

View Item View Item