ANALISIS DISTRIBUSI THERMAL PADA KOMPONEN SUPERHEATER TUBE MATERIAL 2 ¼ CrMo PADA KONDISI COLD, WARM, DAN HOT START

Walid A, Muhammad and Hidayat, Mas Irfan P. and -, Widyastuti (2020) ANALISIS DISTRIBUSI THERMAL PADA KOMPONEN SUPERHEATER TUBE MATERIAL 2 ¼ CrMo PADA KONDISI COLD, WARM, DAN HOT START. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02511440000107_WALID_TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77850

Abstract

Boiler merupakan bagian yang sangat penting di dalam pembangkit tenaga terutama pada kinerja dan biaya operasional. Boiler menghasilkan uap dari pembakaran bahan bakar yang dioptimalkan. Salah satu bagian boiler yang terbuka adalah superheater. Material yang digunakan pada superheater tube umumnya adalah baja paduan rendah seperti CrMo. Superheater sangat rentan terhadap beberapa tipe kerusakan seperti tegangan mekanik. Superheater merupakan bagian pada boiler yang sering rusak karena temperatur tinggi. Oleh karena itu, untuk mengetahui distribusi thermal dari variasi temperatur pada superheater tube, diperlukan analisis yang tepat. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis permodelan terhadap variasi temperatur pada superheater tube material 2 ¼ CrMo. Analisis data menggunakan metode simulasi FE pada meshing superheater dengan menggunakan data operasional yang diambil pada bulan Desember 2017 dan Januari 2018. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa bagian tube memiliki distribusi temperatur yang tidak uniform dengan nilai temperatur tertinggi sebesar 530 °C dan transisi temperatur tidak smooth pada area koneksi tube dan header disebabkan oleh faktor dimensi yang berbeda antara header dan tube.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Walid A
Date Deposited: 13 Aug 2020 02:25
Last Modified: 13 Aug 2020 02:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77850

Actions (login required)

View Item View Item