Revitalisasi Wisata Kebun Raya Gianyar Dengan Pendekatan Tri Hita Karana

Mahayani, Ni Komang Indra (2020) Revitalisasi Wisata Kebun Raya Gianyar Dengan Pendekatan Tri Hita Karana. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Tesis_Ni Komang Indra Mahayani_08111850030004.pdf]
Preview
Text
Tesis_Ni Komang Indra Mahayani_08111850030004.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Wisata sangat berperan untuk menghidupkan kembali suatu kota. Wisata Kebun raya Gianyar merupakan wisata alam yang memanfaatkan potensi serta budaya. Budaya yang ada akan dijadikan suatu pandangan hidup, nilai dan aktivitas. kebun raya Gianyar mulai kehilangan identitas wisata dengan belum memperhatikan potensi yang ada di dalam kawasan serta belum optimalnya keikutsertaan masyarakat. Fenomena yang terjadi adalah tidak adanya keseimbangan antara lingkungan dan masyarakat untuk menjaga dan melestarikan kualitas lingkungan. Dengan demikian perlu dilakukan kajian untuk mengidentifikasi potensi apa yang dimiliki oleh masyarakat setempat dan lingkungan kawasan. Bertujuan untuk melestarikan, menjaga keseimbangan budaya, lingkungan dan sosial serta mengembangkan daerah pinggiran kota. Budaya dan arsitektur akan menghasilkan arsitektur tradisional. Identitas wisata tersebut harus dihidupkan kembali dengan kegiatan revitalisasi.
Penelitian ini menggunakan paradigma naturalistik karena interaksi secara langsung dengan masyarakat dan pengunjung. Strategi penelitian menggunakan kualitatif mengumpulkan informasi dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis walk-through dan triangulasi untuk mendapatkan aspek- aspek serta kriteria. Menggunakan metode (RIBA) Royal Institue of British Architects dalam perancangan kota.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menghidupkan kembali penataan landscape kebun raya Gianyar sangat penting karena mampu mempertegas eksistensi budaya dan potensi lingkungan sekitar. Meningkatkan kualitas lingkungan, memperhatikan 3 komponen utama: (1) parhyangan menghidupkan kembali kegiatan budaya, (2) pawongan menghidupkan kembali aktivitas alam dan lingkungan serta aktivitas wisata dan masyarakat, (3) Palemahan menghidupkan kembali kelestarian linngkungan dan pemanfaatan vegetasi sebagai landmark. Dari hasil revitalisasi kebun raya Gianyar diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan dan dapat mendukung terciptanya kebun raya dengan menjaga kelestarian lingkungan yang harmonis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kebun Raya Gianyar, Parhyangan, Palemahan, Palemahan, Revitalisasi.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA7115 Domestic architecture. Houses. Dwellings
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Ni Komang Indra Mahayani
Date Deposited: 13 Aug 2020 07:41
Last Modified: 07 Jun 2023 15:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77910

Actions (login required)

View Item View Item