Puspa, Geby Firdana (2020) Pengaruh Penerapan Health Facilites Information System (HFIS) Pada Proses Bisnis Klinik Bunga Melati Cabang Welirang (Studi Kasus : Klinik Bunga Melati Malang). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
09211550053017-Master_Thesis.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Di era bisnis yang kompetitif seperti saat ini, Klinik Bunga Melati (KBM) sudah melakukan perubahan strategi bisnis dan manajemen sebanyak 3 kali dalam 2 tahun terakhir dengan tujuan menyesuaikan kondisi internal dan external dalam bidang kesehatan serta untuk menjadikan KBM lebih unggul dibanding kompetitor lain. KBM mengharapkan adanya perkembangan teknologi yang dapat diaplikasikan secara efisien dan terintegrasi antara KBM secara internal. Pada tahun 2018, KBM bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Terkait dengan hal tersebut, BPJS menyediakan Health Facilities Information System (HFIS) dengan tujuan untuk mempermudah unit kesehatan melakukan klaim. Namun pimpinan KBM menganggap HFIS tidak cocok diimplementasikan di KBM Cabang Welirang. Para staff KBM Cabang Welirang harus melakukan 2x rekapitulasi rekam medik pasien setiap harinya. Variabel dalam HFIS bisa terbilang cukup banyak selain biodata diri, staff juga harus menulis data terkait dengan diagnosa, detail obat yang digunakan, biaya obat, sampai honor dokter. Berdasarkan data wawancara pimpinan KBM, hal ini dianggap sangat memakan waktu dan biaya dikarenakan SDM harus bekerja 2x lebih banyak dan pasien membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan tindakan.Metode HOT-Fit dianggap cocok untuk penelitian ini dikarenakan model ini dapat memberikan penjelasan dan memberikan evaluasi penerapan sebuah sistem dibidang pelayanan kesehatan dari faktor human (manusia), technology (teknologi), organization (organisasi) dan net benefit. Output dari penelitian ini adalah analisis aspek yang perlu ditingkatkan dan tingkat kesesuaian implementasi HFIS di KBM Welirang.=================================================================================================================In this competitive business era, Klinik Bunga Melati (KBM) has changed its business and management strategies 3 times in the last 2 years with the aim of adjusting internal and external conditions in the health sector and make KBM superior to other competitors. KBM expects the development of technology that can be applied efficiently and integrated between KBM internally. In 2018, KBM teamed up with the Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. In this regard, BPJS provides a Health Facilities Information System (HFIS) with the aim of making it easier for health units to make claims. But the leader of the KBM considers HFIS not suitable to be implemented in the KBM Welirang Branch. The KBM Welirang Branch staff must do 2x recapitulation of patient medical records every day. There are quite a lot of variables in HFIS besides self-data, staff must also write data related to diagnosis, details of drugs used, drug costs, and doctor's fees. Based on the KBM leaders interview, this is considered to be very time-consuming and costly because HR has to work 2x more and patients need more time to get action. HOT-Fit method is considered suitable for this research because this model can provide an explanation and provide an evaluation of the application a system in the field of health services from human factors (human), technology (technology), organization (organization) and net benefits. The output of this research is an analysis of aspects that need to be improved and the match rate of HFIS implementation in the KBM Welirang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hot-Fit Model, Health Facilities Information System |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems |
Divisions: | 61101-Magister Management Technology |
Depositing User: | Geby Firdana Puspa |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 07:50 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 02:14 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/77912 |
Actions (login required)
View Item |