OPTIMASI PANJANG DAN KEDALAMAN CHANNEL PROTON EXCHANGE MEMBRANE FUEL CELL (PEMFC) TIPE ALIRAN PARALEL UNTUK PENURUNAN TEKANAN DAN LAJU ALIRAN H2 MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS

Aditiyawan, Iyando (2020) OPTIMASI PANJANG DAN KEDALAMAN CHANNEL PROTON EXCHANGE MEMBRANE FUEL CELL (PEMFC) TIPE ALIRAN PARALEL UNTUK PENURUNAN TEKANAN DAN LAJU ALIRAN H2 MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02511640000083_Undergraduate-thesis.pdf]
Preview
Text
02511640000083_Undergraduate-thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Sumber bahan bakar fosil yang memiliki sifat yang tidak dapat diperbarui yang keberadaannya kini semakin menurun. Polymer electrolyte membrane (PEM) fuel cell merupakan teknologi yang memanfaatkan sumber energi energi alternatif dan energi yang dapat diperbarui. Namun, dibalik keunggulan yang ditawarkan PEM fuel cell sendiri memiliki tantangan-tantangan yang akan memengaruhi peforma dan waktu pakai. Manajemen air yang ada pada sel-sel ini sangatlah penting untuk untuk diberikan perhatian dan konsumsi hidrogen yang digunakan untuk efisiensi. Untuk itu pemilihan dari tipe dan desain flow channel akan menjadi krusial. Optimasi dilakukan pada panjang dan kedalaman channel dengan menggunakan komputasi dinamika fluida (CFD). Dari penelitian ini dihasilkan panjang dan kedalaman channel akan mempengaruhi nilai pressure drop dan laju aliran. Dihasilkan nilai pressure drop dan laju aliran dengan nilai optimal pada panjang 10 cm dan kedalaman 0,8 mm yaitu sebesar 436,18 Pa dan 10,8 m/s.

Kata Kunci: Energi, PEM fuel cell, flow channel design.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Energi, PEM fuel cell, flow channel design. Energy, PEM fuel cell, flow channel design.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2931 Fuel cells
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Iyando Aditiyawan
Date Deposited: 13 Aug 2020 06:43
Last Modified: 29 May 2023 13:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77997

Actions (login required)

View Item View Item