Analisis Kinerja Hidrodinamik Vertical Axis Water Turbine (VAWT) Tipe Gorlov Dengan Variabel Sudut Pitch Dan Rasio Dimensi Menggunakan Pendekatan Computational Fluid Dynamics (CFD)

Keniraras, Natasha (2020) Analisis Kinerja Hidrodinamik Vertical Axis Water Turbine (VAWT) Tipe Gorlov Dengan Variabel Sudut Pitch Dan Rasio Dimensi Menggunakan Pendekatan Computational Fluid Dynamics (CFD). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311640000002-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04311640000002-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Teknologi konversi Energi Baru Terbarukan (EBT) kian berkembang seiring meningkatnya kesadaran manusia terhadap dampak negatif Energi Tak Terbarukan pada lingkungan. Vertical Axis Water Turbin (VAWT) merupakan objek penelitian yang menarik karena menawarkan berbagai macam keunggulan. Khususnya VAWT Tipe Gorlov terkenal dengan strukturnya yang dapat bergerak terlepas kemana arah arus mengalir serta berotasi dua kali lebih cepat dibandingkan kecepatan air yang menekannya. Hal yang perlu diperhatikan terkait efek hidrodinamik turbin diantaranya profil hidrofoil yang digunakan, sudut pitch, serta rasio dimensi turbin. Pada penelitian ini, digunakan hidrofoil simetris NACA 0012 dengan analisis perubahan sudut pitch dan rasio dimensi guna mengetahui efek hidrodinamik yang ditimbulkan. Investigasi dilakukan dengan menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD). Model turbin tipe Gorlov disimulasikan secara 3 dimensi dalam kondisi aliran steady state. Perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan simulasi numerik adalah ANSYS V18.1. Model aliran yang dipakai ialah laminar sesuai dengan analisis data sekunder. Setelah hasil simulasi numerik didapat, dilakukanlah validasi dengan tingkat error rata-rata harus kurang dari 10%. Variasi yang dipilih pada penelitian ini adalah sudut pitch sebesar 40° dan 30° serta rasio dimensi berupa perubahan diameter sebesar 450 mm. Hasil simulasi berupa nilai torsi menunjukan bahwa kinerja turbin terbaik diberikan oleh hidrofoil dengan sudut pitch sebesar 40°.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: hidrodinamik, turbin Gorlov, rasio dimensi, sudut pitch, CFD, hydrodynamics, Gorlov turbine, dimension ratio, pitch angle
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM740 Marine turbines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Natasha Keniraras
Date Deposited: 28 Aug 2020 05:44
Last Modified: 12 Jun 2023 15:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78004

Actions (login required)

View Item View Item