Desain Pile Installer Barge untuk Menunjang Proyek Pembangunan Lamongan Oil Tank Terminal (LOTT)

Halomoan, Christophorus Ageng (2020) Desain Pile Installer Barge untuk Menunjang Proyek Pembangunan Lamongan Oil Tank Terminal (LOTT). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111640000100-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04111640000100-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembangunan konstruksi jetty pada proyek pembangunan Lamongan Oil Tank Terminal sangatlah krusial karena jetty akan menahan beban dari kapal yang bersandar. Beban dari kapal yang bersandar tersebut perlu didistribusikan ke lapisan tanah keras yang berjarak 10-20m di bawah permukaan tanah. Jetty yang akan dibangun direncanakan memiliki panjang 2,5 km dengan total 1254 tiang pancang yang akan dikerjakan dalam waktu 150 hari. Dalam mengatasi masalah ini diambil metode pemancangan lepas pantai dengan menggunakan barge dan crane sebagai medianya. Pengerjaan dilakukan dengan perhitungan banyaknya tiang pancang yang dapat dikerjakan dalam satu minggu pekerjaan pemancangan, jumlah tiang pancang ini akan dijadikan payload sebagai dasaran penentuan ukuran utama awal barge. Perhitungan analisis pada desain barge ini antara lain, perhitungan hambatan menggunakan KR Barge dengan nilai hambatan 3,457 ton, perhitungan freeboard dengan menggunakan NCVS dan tinggi freeboard yang digunakan sebesar 200 cm, perhitungan stabilitas dengan menggunakan BKI Vol. III Guidelines for Intact Stability dan stabilitas kapal memenuhi semua kriteria pada seluruh kondisi yang direncanakan. Maka didapatkan ukuran utama akhir barge yang memiliki LPP 64,2 m, lebar 17,6 m, tinggi 3 m dan sarat 1 serta biaya pembangunan kapal ini akan membutuhkan dana sekitar Rp 13.301.192.290,00. Barge yang didesain akan memiliki SPUD yang akan digunakan untuk meningkatkan akurasi dan stabilitas pada saat proses pemancangan. Diharapkan dengan adanya sarana pemancangan lepas pantai dengan menggunakan dua single acting drop hammer secara bersamaan pembangunan Lamongan Oil Tank Terminal dapat diselesaikan tepat waktu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: barge, payload, piling, jetty barge, payload, pemancangan, jetty
Subjects: T Technology > TH Building construction > TH900+ Construction equipment in building construction
V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Christophorus Ageng Halomoan
Date Deposited: 14 Aug 2020 08:19
Last Modified: 23 May 2023 01:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78041

Actions (login required)

View Item View Item