Ephemeral Architecture: Manifestasi Dunia Digital Dalam Ruang Publik

Zulfikar, Ramadhany Achmad (2020) Ephemeral Architecture: Manifestasi Dunia Digital Dalam Ruang Publik. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111640000028_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08111640000028_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Gadget merupakan sebuah teknologi yang tidak bisa dilepaskan lagi dari kehidupan manusia. Ketergantungan tersebut menimbulkan dampak negatif terhadap kehidupan sosial manusia dan elemen fundamental arsitektur. Interaksi manusia menjadi berkurang dengan dunia nyatanya bahkan di tempat yang bersifat public sekalipun. Keberadaan arsitektur bergeser menjadi sebuah fasilitator untuk berpindah ke ruang baru “cyberspace” yang mengakibatkan ambiguitas ruang yang disebut space in space.
Fenomena ketergantungan gadget sering dijumpai di ruang public, dimana sebuah keluarga sedang berkumpul bersama namun disibukkan dengan gadetnya masing-masing. Dari fenomena tersebut maka dipilih Alun-Alun Kota Malang sebagai lokasi rancangan. Respon arsitektural yang dihadirkan adalah Ephemeral Architecture sebagai wujud intervensi dunia digital terhadap sebuah ruang dimana arsitektur menjadi sangat fleksibel fungsinya bergantung kepada kondisi waktu dan pengguna. Konsep tersebut bertujuan untuk meningkatkan interaksi manusia dengan sesama manusia dan interaksi manusia dengan objek arsitektur.
Metode perancangan yang dilakukan adalah response to site dimana tapak itu sendiri yang nantinya sebagai penentu wujud arsitektural. Untuk membantu metode tersebut digunakan juga metode antropometri dalam menentukan dimensi kebutuhan ruang karena ketika manusia sedang beraktivitas di dalam dunia digitalnya mereka tidak memerlukan ruang nyata yang terlalu besar.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengamatan lapangan secara langsung terdapat hubungan antara intervensi dunia digital dengan ruang publik di area Alun-alun Kota Malang. Maka dari itu respon desain arsitktural ephemeral yang ditawarkan terdiri dari tiga jenis yaitu ephemeral tipe modular geser, ephemeral tipe lipat dan ephemeral tipe geser lapangan futsal.

Keyword: Fleksibel, Intervensi, Ketergantungan Gadet, Space in Space

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSA 711.58 Zul e-1
Uncontrolled Keywords: Intervensi, Ketergantungan gadget, space in space
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ramadhany Achmad Zulfikar
Date Deposited: 14 Aug 2020 01:12
Last Modified: 24 May 2023 14:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78059

Actions (login required)

View Item View Item