Pengembangan Perancangan Rumah Tinggal Tipe Newton Pada Klaster Perumahan Somerset Citraland di Surabaya dan Perancangan Gedung Samator Convention Center di Surabaya

Fadhilah, Rahadian Ahmad (2020) Pengembangan Perancangan Rumah Tinggal Tipe Newton Pada Klaster Perumahan Somerset Citraland di Surabaya dan Perancangan Gedung Samator Convention Center di Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111970010005-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
08111970010005-Master_Thesis.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Setiap rumah memilki keunikan nya tersendiri dikarenakan adanya campur tangan dalam proses pembentukan rumah tersebut oleh sang pemilik dan arsitek, namun dalam mendirikan rumah pada area perumahan yang dimiliki oleh perusahaan tertentu memiliki kebijakan dalam pembangunannya seperti desain rumah yang telah ditetapkan pada klaster-klaster rumah tertentu. Namun setiap penghuni rumah emiliki kebutuhan dan gaya hidup yang berbeda-beda sehingga diperlukannya perubahan dalam desain. Perubahan ini dimulai dari pengembangan rancangan desain dari salah satu tipe rumah yang disediakan berdasarkan klaster penempatannya, dengan mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan. Dengan mempertimbangkan keinginan klien untuk memiliki rumah dengan nuansa jepang dan natural juga mempertimbangkan penerapan material finishing serta mekanisme utilitas. Tidak lupa pula pengembangan tapak pada area ruang terbuka hijau yang diisi oleh tanaman-tanaman bertema jepang seperti bonsai dibalut dengan warna-warna netral dalam menghadirkan suasana tenang yang dapat menhadirkan keunikan rumah ini. Kebutuhan dalam menyelenggarakan suatu acara besar pada masa ini sangat dibutuhkan oleh pasar komersial dan periklanan. Mulai dari sekelompok perusahaan baru hingga industri terkemuka yang sedang mempromosikan produk mereka, bukan hanya mereka tetapi msyarakat baik individu maupun kelompok juga ingin menyelenggarakan acara pribadi mereka seperti acara pernikahan, seminar, pagelaran, dll. Hal ini menggerakkan salah satu perusahaan yang telah mendirikan pasar komersilnya ingin mengembangkan lahan milik mereka tersebut untuk dibangun sebuah gedung Convention Center baru. Dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh perusahaan tersebut maka dimulai lah perancangan arsitektur ini.
====================================================================================================================
Each house has its own uniqueness due to interference in the process of forming the house by the owner and architect, but in building a house in a residential area owned by a certain company, it has policies in its construction such as house designs that have been assigned to certain house clusters. But every householder has different needs and lifestyles so that changes in design are needed. This change begins with the development of a design plan for one of the types of houses provided based on the placement cluster, by following predetermined rules. Taking into account the client's desire to have a house with Japanese and natural nuances also consider the application of finishing materials and utility mechanisms. Do not forget to also develop the site in the green open space area filled with Japanese themed plants such as bonsai wrapped in neutral colors in creating a calm atmosphere that can present the uniqueness of this house. The need to hold a large event at this time is very much needed by the commercial and advertising market. Starting from a group of new companies to leading industries that are promoting their products, not only them but the community, both individuals and groups, also want to hold their private events such as weddings, seminars, performances, etc. This has prompted a company that has established a commercial market to develop their land to build a new Convention Center building. With the criteria set by the company, this architectural design began.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Comersial, Convention Center, Housing, Komersil, Perumahan, Residential, Rumah Tinggal.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA7115 Domestic architecture. Houses. Dwellings
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Rahadian Ahmad Fadhilah
Date Deposited: 14 Aug 2020 08:14
Last Modified: 12 Jun 2023 06:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78196

Actions (login required)

View Item View Item