Nadhifa, Ufaira Khanzahasna Nanfaiq (2020) Analisis Faktor yang Memengaruhi User Loyalty dan User Commitment Pada Pengguna Mesin Pencari non-Google dengan Structural Equation Modeling yang Memiliki Variabel Mediasi Search Engine Value. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
05211640000100_Undergraduate-Thesis.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Konteks: Search engine memiliki peranan yang sangat penting, mengingat banyaknya orang yang mencari informasi secara online dan menjadi pengantar user sebelum masuk ke halaman web lain. Ada berbagai macam mesin pencari, namun biasanya user akan menggunakan satu jenis mesin pencari saja dimana mesin pencari tersebut sudah bisa memenuhi nilai yang diharapkan dari user tersebut sendiri. Nilai tersebut akan sangat menguntungkan agar dapat bersaing antar mesin pencari dan mendapatkan loyalitas user. Penting bagi penyedia layanan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi kecenderungan dan loyalitas user dalam menggunakan mesin pencari.
Permasalahan: Permasalahan yang dihadapi adalah dengan banyaknya user yang menggunakan search engine dan dengan banyaknya search engine yang ada, user cenderung menggunakan satu jenis search engine saja yang dirasa telah bisa memenuhi hasil kueri yang diharapkan user. Google memiliki jumlah pengguna yang sangat timpang dengan search engine lain sehingga penting untuk dilakukannya pengukuran terhadap variabel yang dapat memberikan pengaruh terhadap komitmen dan loyalitas user dalam penggunaan search engine.
Tujuan: Penelitian Tugas Akhir ini memiliki tujuan akhir untuk menganalisis variabel apa saja yang dapat memengaruhi komitmen dan loyalitas user terhadap search engine yang meliputi hubungan variabel, meningkatkan variabel terukur, dan mendapatkan variabel lain yang dapat berpengaruh terhadap user loyalty dan user commitment pada search engine selain Google. Serta memberikan usulan perbaikan terhadap capaian indikator yang masih rendah pada variabel yang memengaruhi user loyalty dan user commitment.
Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk menguji model dan dilakukan pemodelan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hipotesis. Pengambilan data akan dilakukan dengan penyebaran kuesioner yang telah dibuat dan telah divalidasi kepada beberapa responden terlebih dahulu. Tahapan berikutnya setelah validasi adalah penyebaran kuesioner yang dilakukan secara offline maupun online dengan jumlah sampel 200 responden yang mengacu pada estimasi maximum likelihood untuk proses pengambilan data.
Hasil: Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah loyalitas user (UL) dipengaruhi secara signifikan oleh kepuasan user (Sat) sebesar β=0,54, dan inovasi (RI) perusahaan penyedia layanan sebesar β=0,51. Sedangkan untuk komitmen user (UC) dipengaruhi secara signifikan oleh kepuasan user (Sat) sebesar β=0,15 dan inovasi (RI) perusahaan penyedia layanan sebesar β=0,37. Selain itu, didapatkan pula hasil bahwa nilai mesin pencari (V) yang merupakan variabel mediasi memiliki peran sebagai partial mediation untuk beberapa variabel seperti fungsional (FP) terhadap kepuasan (Sat) dengan nilai total effect sebesar β =0,64, variabel fungsional (FP) terhadap inovasi (RI) dengan nilai total effect sebesar β=0,27, variabel aestetik (AP) terhadap kepuasan (Sat) dengan nilai total effect sebesar β=0,18, dan variabel aestetik (AP) terhadap inovasi (RI) dengan nilai total effect sebesar β=0,38. Terdapat pula saran rekomendasi untuk perbaikan variabel terukur dan penambahan faktor yang dapat memengaruhi loyalitas dan komitmen user dalam pemakaian layanan sebagai saran penelitian selanjutnya.
Nilai tambah: Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi terkait studi penelitian selanjutnya dan dapat memberikan saran strategis dalam mengetahui faktor penyebab komitmen dan loyalitas user terhadap search engine.
================================================================================================
Context: Search engines have a very important role, considering the number of people who search for information online and become a user introduction before entering other web pages. There are various kinds of search engines, but usually the user will use only one type of search engine where the search engine can meet the expected value of the user himself. This value will be very beneficial in order to be able to compete between search engines and gain user loyalty. It is important for service providers to know what factors influence the tendency and loyalty of users to use search engines.
Problem: The problem faced is with the number of users who use search engines and with the number of existing search engines, users tend to use only one type of search engine that is felt to have been able to fulfill the query results expected by the user. Google has a number of users who are very lame with other search engines so it is important to measure the variables that can affect the commitment and loyalty of users in the use of search engines.
Objective: This Final Project has the final goal to analyze any variables that can affect the commitment and loyalty of users to search engines that include the relationship of variables, increase measured variables, and get other variables that can affect user loyalty and user commitment on search engines other than Google. As well as providing suggestions for improvement of the achievement of indicators that are still low on variables that affect user loyalty and user commitment.
Method: The research method used is to use Confirmatory Factor Analysis (CFA) to test the model and Structural Equation Modeling (SEM) modeling is used to test the hypothesis. Data collection will be done by distributing questionnaires that have been made and have been validated to several respondents in advance. The next stage after validation is the distribution of questionnaires conducted offline and online with a sample of 200 respondents who refer to the maximum likelihood estimation for the data collection process.
Results: The results obtained from this study are user loyalty (UL) significantly influenced by user satisfaction (Sat) of β=0.54, and innovation (RI) service provider companies of β=0.51. As for user commitment (UC) significantly influenced by user satisfaction (Sat) of β=0.15 and innovation (RI) of service provider companies of β=0.37. In addition, the results also obtained that the value of the search engine (V) which is a mediating variable has a role as a partial mediation for several variables such as functional (FP) to satisfaction (Sat) with a total effect value of β=0.64, functional variable (FP) to innovation (RI) with a total effect value of β=0.27, aesthetic variables (AP) to satisfaction (Sat) with a total effect value of β=0.18, and aesthetic variables (AP) to innovation (RI) with the total effect value of β=0.38. In addition, recommendations are given for the improvement of measured variables and the addition of factors that can affect user loyalty and commitment in the use of services as further research suggestions.
Value Added: This research is expected to be a reference related to further research studies and can provide strategic advice in knowing factors that cause user commitment and loyalty to search engines.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Search Engine, User Commitment, User Loyalty, Structural Equation Modeling, Search Engine, User Commitment, User Loyalty, Structural Equation Modeling |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Ufaira Khanzahasna Nanfaiq Nadhifa |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 08:29 |
Last Modified: | 12 May 2023 07:46 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/78218 |
Actions (login required)
View Item |