PENGEMBANGAN DASHBOARD ANALITIK LAYANAN SIMPAN PINJAM UNTUK PENGELOLA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO

Hibaturrahman, Yusuf (2020) PENGEMBANGAN DASHBOARD ANALITIK LAYANAN SIMPAN PINJAM UNTUK PENGELOLA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640000064-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211640000064-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Lembaga Keuangan Mikro diyakini sebagai salah satu solusi untuk mewujudkan penurunan tingkat kemiskinan di dunia. Kehadirannya juga diyakini dapat berkontribusi dalam pengembangan usaha yang terdapat di masyarakat. Selain itu, sejarah juga membuktikan bahwa LKM dapat menjadi penyelamat ekonomi negara, khsususnya ketika terjadi krisis seperti pada tahun 1997 dan 2008.Mayoritas dari Lembaga Keuangan Mikro yang ada di Indonesia masih menggunakan sistem dan cara konvensional dalam melakukan kegiatan operasionalnya. Dengan terus berkembangnya teknologi, ditambah dengan kehadiran fintech di Indonesia, adaptasi guna mempertahankan eksistensi dan meningkatkan mutu dari Lembaga Keuangan Mikro perlu dilakukan, khususnya terkait dengan penggunaan teknologi yang dapat mendukung aktivitas Lembaga Keuangan Mikro, baik dari segi operasional, manajerial, maupun strategis.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah teknologi yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh pengelola Lembaga Keuangan Mikro yang hendak melakukan pengembangan SIM LKM yang dapat membantu pengambilan keputusan juga pemantauan khususnya terkait dengan pelaksanaan layanan simpan-pinjam. Pengembangan solusi akan dilakukan menggunakan metode Design Science Research agar pengembangan dilakukan menggunakan sudut pandang utama dari kacamata permasalahan. Pengembangan juga akan memanfaatkan PowerBI sebagai perangkat lunak untuk mengembangkan solusi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebuah dashboard serta struktur data yang dapat dimanfaatkan Lembaga Keuangan Mikro yang hendak mengembangkan SIM LKM guna membantu kegiatan operasional khususnya terkait dengan layanan simpan-pinjam.Nilai tambah yang ada pada penelitian ini yaitu dapat membantu penerapan teknologi bagi Lembaga Keuangan Mikro khususnya terkait dengan layanan simpan-pinjam.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Lembaga Keuangan Mikro, Dashboard, Layanan Simpan Pinjam, Design Science Research, Microfinance Institutions, Dashboard, Savings and Loan Services
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yusuf Hibaturrahman
Date Deposited: 15 Aug 2020 03:44
Last Modified: 26 May 2023 06:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78243

Actions (login required)

View Item View Item