Faisal, Syafrie Dwi (2020) Analisis Pemanfaatan Platform Online untuk Menggambarkan Ketersediaan Informasi Bisnis pada UMKM Kategori Fashion Muslim di Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
05211640000134-Undergraduate_Thesis.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Saat ini banyak UMKM yang telah memanfaatkan platform online. UMKM memerlukan Pengolahan dan analisis data untuk terus update dalam mengetahui keadaan bisnis. Tidak adanya alat untuk mengumpulkan data dengan cepat dan minimnya pengetahuan dalam melakukan pengolahan data membuat UMKM dalam penggunaan platform online tidak dapat berjalan dengan maksimal. Padahal Pengolahan data yang benar akan menjadi sebuah informasi yang dapat berguna untuk menentukan keputusan dan mengetahui keadaan bisnis saat ini secara real-time. Industri yang akan dipilih adalah industri fashion muslim. Terlebih dahulu dilakukan data scrapping untuk mengambil data platform online tokopedia, shopee, google business dan instagram. Hasil data kemudian dilakukan preprocessing agar data menjadi normal. Data dilakukan integrasi agar bisa dilihat secara online, offline maupun online/offline. Dilanjutkan dengan penilaian kebenaran hasil pencocokan data dengan membandingkan hasil integrasi dan memilih hasil penilaian dengan rata-rata skor precision tertinggi. Kemudian dilakukan analisis decara deskriptif dengan melakukann visualisasi informasi. Hasil dari penelitian ini berupa skema data, kumpulan data UMKM fashion muslim pada beberapa platform online, alur pengerjaan uji validitas hasil intergasi untuk menilai kehandalan data dan visualisasi informasi untuk analisis data. Hasil visulisasi informasi membuktikan bahwa secara kuantitas UMKM sudah baik dalam memanfaatkan platform online. Hal ini dibuktikan dengan besarnya jumlah UMKM online berkisar 10 ribu dibanding dengan UMKM fisik hanya berjumlah 4552 UMKM. Namun secara kualitas, pemanfaatan platform online oleh UMKM kategori fashion muslim pada shopee belum cukup baik karena dapat dilihat bukti masih besarnya jumlah UMKM online yang berjenis Regular Seller sebanyak 950 toko dibanding Star Seller hanya 210 toko yang notabene label untuk UMKM yang aktif dan mampu melayani dengan baik. Kemudian didukung juga dari sisi UMKM lokal yang secara kualitas masih belum baik, merujuk hasil bukti dari rata-rata rating dan follower yang lebih rendah daripada UMKM yang menggunakan platform online.
====================================================================================================================
At present many retail MSMEs have taken advantage of the online platform. MSME requires data processing and analysis to keep it updated in knowing the business situation. The absence of tools to collect data quickly and the lack of knowledge in data processing makes MSMEs using online platforms unable to run optimally. Even though the correct data processing will be information that can be useful for determining decisions and knowing the current state of business in real time. The industry to be chosen is the Muslim fashion industry. First, data scrapping is done to retrieve data from Tokopedia, Shopee, Google Business and Instagram online platforms. The results of the data are then preprocessed so that the data becomes normal. Data is integrated so that it can be viewed online, offline or online / offline. Followed by the assessment of data quality by comparing the results of integration and selecting the results of the assessment with the highest average precision score. Then a descriptive descriptive analysis is performed by visualizing information. The results of this study are in the form of a data scheme, a data collection of Muslim fashion MSMEs on several online platforms, a validity test workflow to assess data reliability and information visualization for data analysis. The results of information visulisation prove that in terms of quantity, MSMEs are already good in utilizing online platforms. This is evidenced by the large number of online MSMEs around 10 thousand compared to physical MSMEs which only amount to 4552 MSMEs. But in quality, the use of online platforms by the MSME category of Muslim fashion is not good enough. See evidence of the still large number of online MSMEs that are of Regular Seller type compared to Star Sellers which incidentally are labels for MSMEs that are active and able to serve well.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UMKM, Fesyen Muslim, Web Scrapping, Data Preprocessing, Data Validation, Visualisasi data, SMEs, Fashion Muslim, Web Scrapping, Data Preprocessing, Data Validation & Data Visualization |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing |
Divisions: | Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Syafrie Dwi Faisal |
Date Deposited: | 17 Aug 2020 03:59 |
Last Modified: | 23 May 2023 07:58 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/78307 |
Actions (login required)
View Item |