Analisis Pola Desain Pengalaman Pengguna dan Pengembangan Komponen untuk Proses Pemesanan pada Layanan Akomodasi di Perangkat Bergerak

Zainuddin, Muhammad (2020) Analisis Pola Desain Pengalaman Pengguna dan Pengembangan Komponen untuk Proses Pemesanan pada Layanan Akomodasi di Perangkat Bergerak. Other thesis, InstitutTeknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640000035-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211640000035-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Semakin berkembangnya industri perangkat bergerak (mobile) membuat pengalaman pengguna sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan pengembangan pengalaman pengguna mempunyai peran penting dalam keberhasilan suatu aplikasi. Terdapat beberapa pendekatan pengembangan pengalaman pengguna salah satunya adalah pola desain. Sebuah pola desain antarmuka dapat menghasilkan solusi yang reusable. Jenis aplikasi yang dapat digunakan sebagai penerapan pola desain adalah aplikasi untuk proses pemesanan daring pada layanan akomodasi. Penerapan ini mendukung banyaknya pengguna yang kini lebih mengandalkan internet sebagai sumber informasi dalam pemesanan layanan akomodasi. Sehingga muncul peluang untuk pengembangan pola desain pada aplikasi bergerak untuk online booking.
Permasalahan yang diangkat adalah pola desain yang ada saat ini hanya membantu di sisi desainer yaitu membuat solusi tampilan berdasarkan permasalahan tertentu. Perlu adanya pengembangan komponen pola desain tersebut menjadi komponen yang siap dikembangkan oleh developer. Dengan potensi di bidang akomodasi, pengembangan tersebut dapat diterapkan pada aplikasi online booking.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola desain yang digunakan pada aplikasi online booking. Komponen pada pola desain tersebut dikembangkan agar dapat langsung digunakan kembali oleh developer. Selain itu, terdapat pengujian terhadap komponen utama pola desain untuk mendapatkan struktur informasi sesuai pengguna akhir.
Penelitian ini dibagi menjadi tiga tahapan utama meliputi penggalian, pengembangan, dan pengujian. Penggalian berisikan identifikasi bagian umum pada aplikasi untuk mendapatkan pola desain. Setelah itu, dilakukan klasifikasi untuk memudahkan dalam menemukan komponen pola desain. Pada tahap pengembangan, komponen pola desain tersebut dikembangkan menggunakan React Native, sebuah framework yang berorientasi pada komponen. Tahap terakhir adalah pengujian yang diadakan untuk melibatkan pengguna akhir dalam penilaian komponen utama pada pola desain aplikasi online booking.
Hasil dari penelitian tugas akhir ini berupa pengembangan komponen pola desain antarmuka untuk proses pemesanan daring pada aplikasi akomodasi yang meliputi hasil analisis, komponen yang dikembangkan, dan hasil pengujian berupa penilaian terhadap komponen utama pada pola desain tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSI 001.433 Zai a-1 • Zainuddin, Muhammad
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Pengguna, Pola Desain, Pengembangan Komponen, Pemesanan Daring, User Experience, Design Pattern, Component Development, Online Booking
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Zainuddin
Date Deposited: 17 Aug 2020 05:39
Last Modified: 23 May 2023 02:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78340

Actions (login required)

View Item View Item