Forest Kindergarten:Arsitektur sebagai Aktualisasi Generasi Alpha

Tamma, Githa Almas Yuha (2020) Forest Kindergarten:Arsitektur sebagai Aktualisasi Generasi Alpha. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
08111640000116_undergraduate_thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Globalisasi merupakan dampak besar yang dapat mempengaruh kehidupan, saat ini dampak tersebut dapat dilihat perubahannya terjadi pada generasi milenial. Banyak dampak yang terjadi sehingga mempengaruhi karakter generasi Z. Dampak yang paling terlihat seperti daya saing yang semakin tinggi serta terjadinya kesenjangan. Kemudian, bagaimana untuk generasi selanjutnya? Kemungkinan besar akan mengalami hal yang sama karena adanya warisan karakter dari generasi sebelumnya sehingga perlu adanya perubahan yang lebih baik untuk generasi Alpha. Dalam konsisi tersebut maka diperlukannya sebuah wadah yang bisa membentuk karakter generasi alpha dengan melalui proses edukasi. Rancangan tersebut merupakan taman kanak kanak yang menghadirkan konsep eksplorasi serta kebebasan anak. Konsep pada rancangan merupakan bentuk arsitektur dari sistem pembelajaran yang menggabungkan 2 metode yang dimana pembelajaran tersebut merupakan aktualisasi diri. Menerapkan aktualisasi diri pada anak akan mengembangkan daya imajinasi agar anak lebih kreatif dan mampu berfikir kritis sesuai dengan pengalaman yang ia dapat selama pembelajaran. Konsep tersebut menggunakan pendekatan arsitektur perilaku yang mana adanya interaksi manusia dan lingkungan agar proses karakter menjadi lebih optimal. ============================================================= Globalization has a big impact that involved our life, at this time we can see that impact could change occur generation millennials. Many of the impacts that occur strongly affect generation Z. The most visible impacts such as increasing higher competitiveness and diversity. Then, how about the next generations? Most likely will happen that the same thing because the existence of the inheritance of characters from the previous generations needs a better change for generation alpha. seeing these conditions, we need a place that can form generation alpha characters through the process of education. The design is a kindergarten that presents the concept of exploration and gives freedom to children. The concept of design is a form of a learning system that discusses two methods in which learning is self-actualization. Applying self-actualization to children will develop efficacy so that children are more creative and able to think critically according to the experiences they have during learning. This concept uses an architectural interaction in which human interaction and the environment so that the character process becomes more optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ekslporasi,Generasi,Globalisasi, Karakter, Kesenjangan,Characters,Diversity,Exploration,Generation,Globalization,Character, Diversity.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA6600 Education buildings
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Githa Almas Yuha Tamma
Date Deposited: 20 Aug 2020 03:09
Last Modified: 20 Aug 2020 03:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78512

Actions (login required)

View Item View Item