PEMBUATAN PERANGKAT PENILAIAN UNTUK MENILAI KOMPETENSI INSTRUKTUR PEMBELAJARAN DARING (STUDI KASUS: ITSDARING)

Wijanarko Putri, Qurata Ayun (2020) PEMBUATAN PERANGKAT PENILAIAN UNTUK MENILAI KOMPETENSI INSTRUKTUR PEMBELAJARAN DARING (STUDI KASUS: ITSDARING). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640000009_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211640000009_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Intitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan salah satu perguruan tinggi yang menggunakan dan mengembangkan sendiri Massive Open Online Learning (MOOC), yaitu itsDaring. itsDaring bertujuan untuk menunjang dan memudahkan proses pembelajaran serta proses penilaian. Namun, implementasi dari itsDaring di ITS kurang berjalan dengan lancar. Dari banyaknya course yang ada di itsDaring, hanya beberapa yang berasal dari ITS, khususnya dari Departemen Sistem Informasi. Selain dari ITS, itsDaring juga dipergunakan oleh APKINDO dan STEIN. Untuk memperkenalkan itsDaring, telah diadakan pelatihan penggunaan itsDaring, khususnya dikalangan dosen, tetapi masih terdapat beberapa dosen yang tidak menggunakan itsDaring. Selain itu, saat ini ITS sedang menyiapkan berbagai keperluan untuk mendukung pembelajaran melalui MOOC. ITS memiliki target memiliki 200 course yang dapat diakses oleh masyarakat. Melihat fenomena tersebut, sebelum menerapkan MOOC diperlukan sebuah penilaian untuk mengukur dan mengetahui kompetensi yang dimiliki untuk menjadi instruktur. Penilaian kompetensi instruktur belum pernah dilakukan ITS karena tidak adanya perangkat penilaian. Kompetensi didapatkan dari elemen-elemen penting melalui materi pelatihan yang pernah dikembangkan sebelumnya. Hasil dari penilaian yang dilakukan dapat menjadi bahan masukan untuk kegiatan pelatihan selanjutnya agar dapat menekankan pelatihan pada kompetensi yang dirasa cukup sulit untuk dikuasai. Penilaian kompetensi dapat menggunakan standar yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). BNSP telah mengatur ketentuan dalam melakukan penilaian, termasuk dokumen yang perlu disiapkan baik segi asesor maupun asesi. Berdasarkan kondisi yang ada, penelitian tugas akhir ini memiliki tujuan untuk membuat sebuah perangkat penilaian mengenai kompetensi untuk menjadi instruktur yang dikembangkan berdasarkan acuan BNSP. Sehingga nantinya akan memudahkan untuk mengetahui kompetensi yang dikuasai seseorang untuk menjadi instruktur dan mengetahui kompetensi yang perlu diperdalam jika ingin melakukan pelatihan kedepannya serta, dapat meningkatkan penggunaan serta kualitas pembelajaran di dalam itsDaring.

Hasil akhir dari penelitian ini adalah menghasilkan produk tugas akhir berupa sebuah dokumen perangkat penilaian kompetensi instruktur itsDaring yang terdiri dari 9 dokumen, yaitu: Dokumen Skema Okupasi, Dokumen Sub-Unit Kompetensi & Elemen Kompetensi, Dokumen Standar Kompetensi, Dokumen Rencana Aktivitas Penilaian, Dokumen Daftar Pertanyaan Lisan Dan Tertulis, Dokumen Checlist Observasi, Dokumen Instruksional Aktivitas Kerja, Tabel Pengamatan Kerja, Formulir Rekaman Assessment Kompetensi.

==================================================================================================================

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) is one of the universities that implement and develops its own Massive Open Online Learning (MOOC), which is itsDaring. itsDaring aims to support and facilitate the learning process and the assessment process. However, implementation of itsDaring at ITS is not doing well. From all courses available on itsDaring, only a few are from ITS, specifically from the Information Systems Department. itsDaring is also used by APKINDO and STEIN. To initiate itsDaring, training has been held, especially among lecturers, but there are still some lecturers who do not use itsDaring. Besides, ITS is currently preparing various needs to support learning through MOOC. ITS has a target of having 200 courses that can be accessed by the public. Seeing this phenomenon, before applying MOOC required an assessment to measure and find out the competencies possessed to become instructors. ITS instructor competencies assessment has never been done because there is no assessment tool. Competencies is obtained from important elements through training material that has been developed before. The results of this assessment can be input for further training activities in order to emphasize training on competencies that are considered difficult to master.

Competency assessment can use standards set by the National Education Standards Agency (BNSP). BNSP has arranged the provisions in conducting assessments, including documents that need to be prepared both in terms of assessors and assessment participants. Based on the existing conditions, this thesis research aims to create an assessment tool on competencies to become an instructor, using BNSP documents as reference. Later, it will be easier to find out competencies that are mastered by someone to become an instructor and know the competencies that need to be focus if assessment participant join training in the future and can increase the use and quality of learning in itsDaring.

The final result of this study is to produce a final project product of itsDaring instructor competencies assessment document that consist of 9 documents, which is Occupational Scheme Documents, Competency Sub-Unit Documents & Competency Elements, Competency Standard Documents, Assessment Activity Planning Documents, Documents Oral and Written Questions, Observation Checklist Documents, Instructional Work Activities Documents, Job Observation Tables, Competency Assessment Record Forms.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: : daring, instruktur, itsDaring, kompetensi, perangkat penilaian ======================================= assessment tool, competencies, instructor, itsDaring
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Qurata Ayun Wijanarko Putri
Date Deposited: 25 Aug 2020 07:37
Last Modified: 11 May 2023 06:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78584

Actions (login required)

View Item View Item