Armen, Jonathan (2020) Manajemen Risiko Pipa Bawah Laut dalam Bentuk Pipa Bawah Laut. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04311640000055-Undergraduate_Thesis.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pipa bawah laut merupakan moda transportasi fluida yang terbukti efisien. Dalam masa operasinya, pipa bawah laut terdapat beberapa risiko mulai dari aspek keselamatan (safety), lingkungan (environment), dan bisnis (business/asset). Tugas akhir ini adalah penelitian tentang risiko pada pipa bawah laut di daerah Penajam – Balikpapan berdasarkan dari data inspeksi yang didapatkan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui besaran likelihood (kemungkinan) dan severity (keparahan) untuk masing masing risiko dan digabungkan menggunakan matriks risiko (risk matrix). Dari data tersebut telah dilakukan manajemen risiko dengan metode bowtie analysis untuk mengetahui penyebab, dampak, dan mitigasi dari risiko yang dominan. Dan dilanjutkan dengan pembuatan safety management system untuk pipa bawah laut dan memuat hasil penelitian dalam sebuah Safety Case Document. Dari peneitian ini didapatkan hasil risiko yang dominan adalah risiko korosi eksternal yang disebabkan oleh kegagalan coating pada pipa bawah laut. Manajemen dari risiko yang dominan tersebut kemudian dilakukan dengan bowtie analysis dan dimuat dalam safety management system yang dibuat berdasarkan prinsip plan-do-check-act memastikan kontrol atas risiko tersebut aman dan efektif.
======================================================================================================================
Offshore pipelines are a proven mode of fluid transportation. During its operation, underwater pipeline there are several risks ranging from the aspects of safety,
environment, and business. This thesis is a research about the risks to the underwater pipeline in the Penajam - Balikpapan area based on the inspection data obtained. This study also aims to determine the likelihood and severity for each risk and combined using a risk matrix. From this data, risk management has been carried out using the bowtie analysis method to find out the causes, impacts and mitigation of dominant risks. And continued with the creation of a safety management system for underwater pipelines and containing the results of research in a Safety Case
Document. From this research, the dominant risk result is the risk of external
corrosion caused by coating failure on the underwater pipeline. The management
of these dominant risks is then carried out with a bowtie analysis and contained in
a safety management system based on the plan-do-check-act principle ensuring
control over those risks is safe and effective.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Offshore Pipeline, Bowtie Analysis, Safety Management System, Safety Case Document. |
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Jonathan Armen |
Date Deposited: | 21 Aug 2020 04:37 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 14:45 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/78631 |
Actions (login required)
View Item |