Analisi Minat Mahasiswa ITS Untuk Memanfaatkan Massive Open Online Course (MOOC) Menggunakan Kombinasi Model UTAUT Dan Faktor Risiko Yang Dirasakan (PCR)

Formen, Fanny Azhari (2020) Analisi Minat Mahasiswa ITS Untuk Memanfaatkan Massive Open Online Course (MOOC) Menggunakan Kombinasi Model UTAUT Dan Faktor Risiko Yang Dirasakan (PCR). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640000040-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211640000040-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

E-learning mengubah pandangan terhadap pembelajaran, sehingga bertatap muka tidak menjadi suatu keharusan untuk mendapat ilmu di perguruan tinggi. Massive Online Open Course (MOOC) merupakan bentuk teknologi yang mendukung dunia pendidikan dalam bentuk E-learning berupa kursus online secara besar – besaran dan terbuka dengan tujuan untuk memungkinkan partisipasi tak terbatas dan dapat diakses melalui web. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan salah satu perguruan tinggi sains dan teknologi terbaik di indonesia. Tim MOOC ITS sudah mulai bekerja mengimplementasikan MOOC ITS dimasa pandemi covid-19 ini. Hal tersebut berkaitan dengan peningkatan kualitas akademik dan menjadi strategi unggul untuk mencapai keunggulan kompetitif agar ITS dapat bersaing dengan perguruan tinggi lain yang sudah implementasi MOOC. Untuk mewujudkan hal itu tidak mudah dan pasti banyak risiko atau kendala yang perlu diatasi sehingga kesuksesan implementasi MOOC bisa terwujud. Implementasi MOOC adalah suatu hal yang pasti, dan perlu diketahui minat mahasiswa ITS untuk menggunakan MOOC dalam proses belajar, sehingga nantinya implementasi bisa berjalan dengan sukses.
Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan keberhasilan implementasi MOOC di ITS dengan cara melakukan analisis penerimaan MOOC dengan memasukkan kemungkinan risiko yang dirasakan yang mungkin bisa memberikan kerugian yang besar bagi ITS, sehingga bisa diketahui seberapa besar minat mahasiswa ITS untuk menggunakan MOOC. Penelitian ini menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yang dikombinasikan dengan faktor risiko yang dirasakan. Data didapatkan dari hasil kuesionar online kepada mahasiswa ITS, maka dari hasil itu akan dilakukan validasi dan uji model atau menganalisis gabungan model UTAUT dan PCR menggunakan SEM.
Hasil dari penelitian tugas akhir ini adalah bahwa minat mahasiswa ITS untuk memanfaatkan MOOC dalam belajar cukup tinggi. Adapun faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk menggunakan MOOC yaitu performance expectancy, social influence, facilitating condition dan time risk yang didapatkan dari hasil hipotesis yang diterima. Sehingga dari faktor tersebut bisa ditentukan langkah untuk mencapai kesuksesan implementasi MOOC ITS, dapat diusulkan rekomendasi untuk meningkatkan setiap faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa menggunakan MOOC untuk mencapai implementasi yang sukses sesuai dengan minat mahasiswa ITS.
Kata Kunci : E-learning, ITS, Minat, MOOC, Penerimaan, Risiko, UTAUT

==================================================================================================================

E- learning changes the view of learning, so that face to face meeting is not a necessity for getting knowledge in higher education. Massive Open Online Course (MOOC) is a form of tehcnology that supports education in the form of E-Learning in the form of large scale and open online courses with aim to enable unlimited and accessible participation via the web. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) is one of the best science and technology colleges in Indonesia.The MOOC ITS team has begun working on implementing MOOC ITS during the covid-19 pandemic. This is related to improving academic quality dan becoming a superior strategy to achive competitive advantage so that ITS can compate with other universities that have implemented MOOC. To realize this is not easy and certainly there are many risk or obstacles that need to be overcome so that the successful implementing of MOOC can realized. The implementing of MOOC is a sure thing, and it is important to know the interest of ITS students to use MOOC in the learning process, so that later implementing can run successfully.
This study aims to realize the successfull implementation of MOOC in ITS by analyzing the acceptance of MOOC by including the possibility of perceived risk that might provide a great loss fot ITS, so that it can be seen how much interest ITS students to use MOOC. This study uses the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) model combined with perceived risk factors. Data collection is obtained from the questionnaire results, the the result will be validated and tested by a model pr analyzed the combined UTAUT and PCR models using SEM.
The result of this final project research is that the intention of ITS students to utilize MOOC in learning is quite high. The factors that influence students intention to use MOOC are performance expectancy, social influence, facilitating condition, and time risk obtained from the hypothesis received. So that from these factors can be determined steps to achive successful imlementation of the MOOC ITS, recommendations can be proposed to improve each of the factors that affect students intention in using MOOC to achieve successful implementation in accordance with the intention of ITS students.
Kata Kunci : Acceptance, E-learning, Intention, ITS, MOOC, Risk, UTAUT

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Acceptance, E-learning, Intention, ITS, MOOC, Risk, UTAUT, E-learning, ITS, Minat, MOOC, Penerimaan, Risiko, UTAUT,
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment.
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fanny azhari
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:13
Last Modified: 23 Jun 2023 07:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78643

Actions (login required)

View Item View Item