Identifikasi Faktor Resistansi Santri Terhadap Teknologi Sebagai Pendukung Proses Pembelajaran Di Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean

Rahmawati, Rafika (2020) Identifikasi Faktor Resistansi Santri Terhadap Teknologi Sebagai Pendukung Proses Pembelajaran Di Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640007002-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211640007002-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menuntut dunia pendidikan untuk turut berkembang dengan adanya teknologi pendukung pembelajaran (educational technology). Integrasi teknologi ke dalam pembelajaran yang dikenal dengan istilah education 4.0 dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan cara memberikan akses informasi yang lebih luas dan mendorong siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Dibalik maraknya penerapan education 4.0, salah satu lembaga pendidikan di Indonesia masih menggunakan cara yang tradisional yakni pondok pesantren.
Salah satu pondok pesantren yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yakni Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean yang cenderung menolak penggunaan teknologi sebagai pendukung pembelajaran. Namun, metode konvensional yang digunakan tidak menurunkan kualitas pendidikan dengan melahirkan generasi cerdas dan religius. Resistansi pondok pesantren terhadap teknologi yang kontradiktif dengan fakta kualitas pendidikannya yang baik menimbulkan pertanyaan terkait alasan pesantren bisa berkembang tanpa penerapan teknologi dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkannya penggalian informasi terkait faktor yang memengaruhi resistansi pondok pesantren dalam penggunaan teknologi sebagai pendukung pembelajaran dari perspektif siswa (santri) yang dibahas pada penelitian ini.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan pengujian keabsahan data dengan triangulasi metode. Metode dibagi menjadi 3 bagian tahap yakni persiapan, pengumpulan data, dan pengolahan data. Penelitian diawali dengan studi literatur, penentuan populasi dan sampel, dan penyusunan instrumen penelitian. Tahap selanjutnya yakni melakukan pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dan wawancara. Data yang terkumpul akan dikelompokkan berdasarkan kode yang dibuat hingga digolongkan dalam kategori tertentu dengan aplikasi NVivo.
Hasil penelitian ini berupa faktor-faktor resistansi santri (user resistance) terhadap teknologi di Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean yang termasuk dalam pondok pesantren salafiyah. Faktor-faktor yang paling berpengaruh pada sikap resistansi santri yakni tidak adanya pelatihan IT untuk pengguna (santri), keinginan mempertahankan tradisi dan ciri khas pesantren salaf, serta kurangnya ketersediaan fasilitas IT untuk pembelajaran di Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: user resistance, pondok pesantren, teknologi pendidikan, triangulasi, NVivo.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rahmawati Rafika
Date Deposited: 19 Aug 2020 07:28
Last Modified: 18 Jun 2023 14:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78705

Actions (login required)

View Item View Item