Desain Shallow Draft Cargo-Passenger Ship Dengan Sistem Penggerak Motor Listrik Dengan Sumber Energi Hibrida Untuk Perairan Sungai Mahakam

Qayyim, Ibnul (2020) Desain Shallow Draft Cargo-Passenger Ship Dengan Sistem Penggerak Motor Listrik Dengan Sumber Energi Hibrida Untuk Perairan Sungai Mahakam. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111640000092-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04111640000092-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Sungai Mahakam yang terletak di Kalimantan Timur merupakan salah satu sungai terbesar di Indonesia dengan panjang 920 km. Sungai Mahakam merupakan salah satu sarana transportasi utama di Pulau Kalimantan, khususnya untuk daerah Kalimantan Timur. Sungai Mahakam dapat menjadi penghubung daerah yang belum memiliki sarana transportasi jalan. Kapal di Sungai Mahakam pada umumnya digunakan oleh masyarakat daerah-daerah pedalaman yang berpergian secara rutin dan distribusi barang kebutuhan masyarakat pedalaman juga mengandalkan tranportasi Sungai Mahakam. Hal ini menyebabkan kapal merupakan sarana transportasi vital masyarakat pedalaman Kalimantan Timur. Saat ini kondisi kapal di Sungai Mahakam sudah tua. Kapal Sungai Mahakam pun menjadi salah satu aspek yang perlu pembaruan untuk menunjang sarana transportasi Kalimantan Timur yang sebagian daerahnya akan menjadi Ibu Kota baru. Kecepatan kapal Sungai Mahakam saat ini juga dinilai relatif terlalu lama dikarenakan kondisi kapal yang sudah tua dan kondisi lingkungan di sekitar Sungai Mahakam. Oleh karena itu, mengganti kapal Sungai Mahakam dengan kecepatan yang lebih tinggi dan menyesuaikan dengan kebutuhan penunjang Ibu Kota baru dirasa dibutuhkan. Tujuan dari penelitian Tugas Akhir ini adalah mendesain kapal dengan baru dengan fasilitas dan fitur yang menyesuaikan dengan Ibu Kota baru dengan dapat menurunkan waktu tempuh perjalanan. Payload kapal didapatkan berdasarkan hasil forecasting demand dari jumlah penumpang dan barang yang diangkut kapal. Kemudian didapatkan kebutuhan luasan tiap payload dan ukuran utama kapal. Setelah itu dilakukan perhitungan teknis yang meliputi hambatan dan propulsi, kebutuhan hybrid system, berat, freeboard, stabilitas, dan trim. Rute pelayaran kapal Tugas Akhir ini adalah Samarinda-Melak-Long Iram-Long Bagun. Payload yang didapatkan adalah 100 orang penumpang, 55 ton barang, dan 22 unit sepeda motor. Ukuran utama yang didapatkan adalah Loa = 44 m; Lpp = 40.8; B = 7 m; H = 4 m; T = 1.7 m. Material kapal yang digunakan adalah baja. Menggunakan mesin dengan power sebesar 672 kW. Tinggi freeboard minimum adalah sebesar 653 mm. Panel surya yang digunakan sebanyak 83 unit. Biaya total pembangunan kapal yaitu sebesar Rp 21,025,231,720.
==============================================================================================================================
The Mahakam River, located in East Kalimantan, is one of the largest rivers in Indonesia, with a length of 920 km. The Mahakam River is one of the main infrastructures of transportation on the island of Kalimantan, especially in the East Kalimantan region. Mahakam River has a potential to be a connecting area but it does not have road transportation facilities yet. Ships on the Mahakam River are generally used by rural communities who travel regularly, thus the distribution of goods needed by the inland people relies on the transportation of the Mahakam River. This means that the ship is a vital means of transportation inland communities of East Kalimantan. Currently, the ships in the Mahakam River are very old. Mahakam River’s Ships have also become one of the aspects that need to be renewed to support East Kalimantan's transportation facilities, which will support the plan of East Kalimantan being the new Capital City. due to the ships’ lifetime that are getting closer to their end and Mahakam River’s environmental conditions. Therefore, replacing the Mahakam Riverboat with a higher speed vessel and adjusting to the needs of supporting the new capital is deemed as necessary. The purpose of this final project research is to design a new ship with facilities and features that adjusts to the new capital’s needs by reducing travel time. The ship’s payload is obtained based on the results of forecasting demand from the number of passengers and goods transported by the ship. Then the area needs for each payload and the main size of the ship are obtained. After that, technical calculations include obstacles and propulsion, hybrid system requirements, weight, freeboard, stability, and trim. The route of the ship is Samarinda-Melak-Long Iram-Long Bagun. The ship’s payload is 100 persons passenger, 55 tons of cargo, and 22 unit of motorcycle. The main size obtained was Loa = 44 m; Lpp = 40.8; B = 7 m; H = 4 m; T = 1.7 m. Ship material used is stell. The power of motor for propulsion is 672 kW. The minimum freeboard height is 653 mm. 83 solar panel are used at this ship. The total cost of ship construction is Rp 21,025,231,720.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kapal Penumpang-Barang, Hibrida, Motor Listrik, Sungai Mahakam, Cargo-Passenger Ship, Electric Motor, Hybrid, Mahakam River.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM381 Passenger ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ibnul Qayyim
Date Deposited: 19 Aug 2020 08:25
Last Modified: 03 Jul 2023 06:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78714

Actions (login required)

View Item View Item