Rancang Bangun Aplikasi Antrian Pintar (Studi Kasus : Service Desk DPTSI)

Putranto, Arief (2020) Rancang Bangun Aplikasi Antrian Pintar (Studi Kasus : Service Desk DPTSI). Other thesis, Institute Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211340000124-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211340000124-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Antrian merupakan hal yang banyak kita jumpai dimana saja, contohnya saja ketika kita berbelanja di toko ataupun dimana saja kita harus menunggu orang-orang sebelum kita untuk dilayani terlebih dahulu sebelum kita mendapat pelayanan dari toko tersebut. Lama waktu kita menunggu tersebut bisa sangat bervariasi tergantung pada panjangnya antrian sebelum kita dan juga barang-barang yang dibeli oleh orang lain yang sudah antri terlebih dahulu sebelum kita. Terkadang kita harus menunggu sangat lama agar kita bisa membayar barang yang akan kita beli.
Selain berdasarkan waktu tunggu yang bisa memakan waktu sangat lama, pada kasus lain seperti pada mengantri di bank yang sudah menggunakan sistem antrian muncul masalah lain lagi seperti nomor yang terlewati. Pada kasus ini terkadang sebagai pengguna jasa bank, kita datang ke bank dan mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Namun ketika nomor yang kita ambil terlihat masih jauh terkadang kita akan melakukan aktivitas lain seperti keluar untuk mencari makan, ke toilet, dan sebagainya. Namun setelah kita kembali dari aktivitas lain tadi ternyata nomor kita sudah terlewati sehingga kita harus mengambil nomor antrian baru dan menunggu lagi.
Untuk mengantisipasi hal tersebut maka penelitian ini dilakukan dan diharapkan nanti kedepannya penelitian ini dapat dimanfaatkan dan diterapkan oleh berbagai pihak pemilik jasa agar pelanggannya tidak mengalami hal-hal yang telah dipaparkan sebelumnya. Didalam mengerjakan penelitian ini, peneliti akan menggunakan database MongoDb sebagai wadah untuk menyimpan nomor antrian dan data yang dibutuhkan, serta menggunakan NodeJs dalam mengelola dan memproses data tersebut. Untuk memudahkan pengguna dalam pengambilan nomor antrian peneliti akan menyediakan 2 pilihan yaitu melalui aplikasi pada smartphone dan pengambilan nomor melalui halaman website.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem antrian pintar dengan fitur multi tenant, multi layanan, multi loket dan pembaruan nomor antrian secara otomatis. Sehingga memungkinkan sistem ini dapat dipakai pada berbagai jenis industri.
=======================================================================================================
Queue is the most common thing we see in almost anywhere, like when we go to shopping on the store or market or wherever we need to be patiently wait another people before us to be served before we are server from that market or store. The time we used to wait for us to be served is vary depend on how long the queue before us and how many product they bought. Sometimes a lot of time is used only for buy drink or food or thing we buy.
Besides of how much time we spend to queue, sometimes we got another issue like our number is missed when we queue on bank or hospital that already used queue management. On this case sometimes as customer we came to bank to get the queue number first. Then as we see that there will be a lot of number of queue before us, we decide to do another thing like buy some food, going to rest room, and do another thing we need to do. When we got back from that activity we missed our number, so we need to get new number and wait again like before.
In order to handle this kind of event, this research is being done and hopefully in the near future this research can be used and implemented at a lot of place and industry. While doing this research the researcher will use MongoDb as it’s database, this was used as place or container to save queue number and whatever data it’s needed. Not only MongoDb the researcher also using NodeJs for manage and processing the data from MongoDb. To improve user experience for the user, researcher will provide with 2 option at developing which is developing aplication on smartphone and website.
Result of this research is a smart queue management system with multi tenant / service provider, multi services, multi counter and automatic renewal of queue number to prevent the queue number being missed. Also with that feature, this system is possible to be used at any kind of industry.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: NodeJs, MongoDb, Queue Management, Smart Queue Management, Multi Service Provider, Multi Services, Multi Counter, Autorenewal Queue Number, Aplikasi Antrian, Antrian Cerdas, Antrian Multi Tenant, Antrian Multi Layanan, Antrian Multi Loket, Pembaruan Nomor Antrian Otomatis
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.888 Web sites--Design. Web site development.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Arief Putranto
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:29
Last Modified: 03 Jun 2023 14:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78776

Actions (login required)

View Item View Item