Analisis Faktor Pembelian Berulang Yang Berfokus Pada Kepercayaan Rekomendasi E-Commerce Dengan Menggunakan Structural Equation Modeling

Daraninggar, Inge Ghaisantifany (2020) Analisis Faktor Pembelian Berulang Yang Berfokus Pada Kepercayaan Rekomendasi E-Commerce Dengan Menggunakan Structural Equation Modeling. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211540000142-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05211540000142-Undergraduate_Theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Konteks: Pengguna internet di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun hingga menyentuh persentase sebesar 64,8% di awal tahun 2019. Tingginya pengguna internet di Indonesia salah satunya didominasi oleh aktivitas berbelanja online menggunakan e-commerce. E-commerce site merupakan salah satu teknologi yang menjanjikan sebab memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan pembelian produk secara mudah dan cepat dengan berbagai fitur dan layanan yang ditawarkan.

Permasalahan: Tingginya tingkat pengguna e-commerce di Indonesia berpengaruh pada pesatnya pertumbuhan e-commerce. Perusahaan harus mengambil langkah yang tepat untuk dapat mempertahankan kepercayaan penggunanya agar tidak beralih menggunakan site milik perusahaan kompetitor. Oleh karena itu perlu diidentifikasi faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi purchase intention konsumen dalam menggunakan e-commerce site.

Tujuan: Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan struktural faktor-faktor yang mempengaruhi purchase intention pada penggunaan e-commerce site berdasarkan variabel pada WebQual Model, Recommendation Quality, Transparency dan Trust. Serta memberikan rekomendasi pengembangan faktor yang dapat berpengaruh pada purchase intention melalui penggunaan e-commerce site dengan tujuan untuk dapat meningkatkan purchase intention konsumen.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah Structural Equation Modeling dengan mengacu pada WebQual model dan ditambahkan beberapa variabel lain yaitu recommendation quality, transparency, trust dan purchase intention. Proses pengambilan data dilakukan dengan metode kualitatif dengan cara menyebarkan kuesioner penelitian secara daring kepada responden asal Indonesia yang berusia 20-40 tahun dan telah memiliki pengalaman dalam menggunakan e-commerce site.

Hasil: Hasil penelitian ini adalah analisis yang menunjukkan bahwa trust sangat mempengaruhi purchase intention. Hal ini teruji secara statistik dengan nilai pengaruh langsung (β) yang diperoleh adalah sebesar 0.86. Hasil anlisis menunjukkan bahwa fokus pada satu aspek saja tidak cukup dalam membangun trust, trust dapat dikembangkan dan dicapai dengan mempertimbangkan beberapa aspek lain yang berpengaruh signifikan seperti kualitas website, transparansi, dan kualitas rekomendasi suatu produk yang dihasilkan oleh sistem. Berdasarkan hasil analisa, diberikan rekomendasi yang dapat dilakukan pada saat pengembangan website sebagai upaya untuk meningkatkan purchase intention seperti meningkatkan kualitas rekomendasi melalui kebaruan rekomendasi produk, meningkatkan transparansi melalui fasilitas penjelasan yang diimplementasikan pada website, meningkatkan kualitas website melalui kegunaan, dan lainnya.

Nilai tambah: Penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi faktor apa saja yang dapat mempengaruhi purchase intention pada penggunaan e-commerce site. Selain itu, penelitian ini memberikan saran/rekomendasi penambahan variabel baru yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk studi penelitian selanjutnya terkait purchase intention pada e-commerce site.
=====================================================================================================
Context: Internet users in Indonesia continue to increase from year to year and it reached a percentage of 64.8% in early 2019. From the high amount internet users in Indonesia, one of them dominated by online shopping activities using e-commerce. E-commerce sites is a promising technology because it allows users to be able to buy products easily and quickly with a variety of features and services offered.

Problem: The increase level of e-commerce users in Indonesia affect the rapid growth of e-commerce. Companies must take appropriate steps to be able to maintain user’s trust so as not to switch to using the site owned by competitors. Therefore it is necessary to identify what factors can influence consumer purchase intentions in using e-commerce sites.

Objective: This final project research aims to identify the structural relationships of factors that influence purchase intention on the use of e-commerce sites based on variable in the WebQual Model, Recommendation Quality, Transparency and Trust. And provide recommendations for the developments of factors that can affect purchase intention through the use of e-commerce sites with the aim of increasing user purchase intention.

Method: The research method used in this study is Structural Equation Modeling by referring to the WebQual model and adding several other variables, namely, recommendation quality, transparency, trust and purchase intention. The data collection process was carried out using qualitative methods by distributing online research questionnaires to respondents from Indonesia who were aged 20-40 years old and had experience in using e-commerce sites.

Results: The results of this study are analyzes which show that trust greatly influences purchase intention. This was statistically tested with the value of the direct effect (β) obtained is equal to 0.86. The results of the analysis show that focusing on just one aspect is not enough to build trust, trust can be developed and achieved by considering several other aspects that have significant influence such as website quality, transparency, and recommendation quality of a product produced by the system. Based on the results of the analysis, recommendations are given that can be made when developing a website in an effort to increase purchase intention such as improve the quality of recommendations through the novelty of product recommendations, increasing transparency through explanatory facilities implemented on the website, improving the quality of the website through usability, and others.

Value Added: This research is expected to assist companies in identifying what factors can influence purchase intention on the use of e-commerce sites. In addition, this research provides suggestions or recommendations by adding new variables that can be used as a reference for further research studies related to purchase intention on e-commerce sites.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Purchase Intention, E-commerce Site, Structural Equation Modeling, Trust, Intensi Pembelian
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Inge Ghaisantifany Daraninggar
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:02
Last Modified: 23 May 2023 01:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78793

Actions (login required)

View Item View Item