Ameron, Rezky (2020) Rancang Bangun Prototype Aplikasi Permainan Edukasi Bergenre Permainan Peran. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
05211640000060-Undergraduate_Thesis.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Dewasa ini, teknologi bukanlah merupakan hal yang baru untuk diterapkan pada dunia pendidikan. Namun, kurangnya daya tarik membuat lemahnya pengaplikasian teknologi berbasis edukasi ini. Salah satu halnya ialah kurangnya unsur pengalaman pengguna yang kurang begitu dirasakan saat menggunakan teknologi tersebut. Untuk itu, dibutuhkan suatu unsur yang dapat membuat daya tarik terhadap pengaplikasiannya.
Selain menjadi sarana hiburan, game juga dapat diterapkan dalam pengaplikasian kegiatan belajar-mengajar. Game edukasi yang dirancang mengambil unsur gamifikasi dengan genre permainan peran pada kegiatan belajar. Konsep gamifikasi dapat diaplikasikan untuk meningkatkan daya tarik penggunanya terhadap konten aplikasi karena game dikenal memiliki sifat yang menyenangkan. Dengan menerapkan gamifikasi dalam edukasi ini diharapkan dapat memotivasi pelajar untuk turut aktif dan meningkatkan performa belajarnya.
Pengembangan ini menggunakan metodologi perancangan perangkat lunak khususnya pengembangan game yaitu dengan model pengembangan Game Development Life Cycle (Inisiasi, Pra-Produksi, Produksi, Pengujian, Beta, dan Perilisan). Pengembangan dilakukan menggunakan GameMaker game engine. Dalam pengembangan purwarupa aplikasi game ini diharapkan mampu memberikan nilai kegunaan dan daya tarik aplikasi untuk pengembangan utuh selanjutnya.
============================================================
Nowadays, technology is not a new thing to the world of education. However, the lack of traction makes this usage of education-based technology weak. One case is the lack of user experience that is less felt when using the technology. For that, we need an element that can make the appeal of its application.
Besides being a means of entertainment, games can also be applied in the application of teaching and learning activities by using the concept of gamification. The concept of gamification can be applied to increase the attractiveness of the application content because game is known to have pleasant properties. By applying gamification in education we hoped to motivate students to actively participate and improve learning performance in teaching and learning activities.
The game application designed with a system of role playing genre in learning activities. In developing the game application prototype, it is expected to be able to provide usability and value for further overall development.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Permainan, Game Edukasi, Permainan Peran, Gamifikasi, Game Application, Education Game, Role Playing Game, Gamification. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76.758 Software engineering |
Divisions: | Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Rezky Ameron |
Date Deposited: | 19 Aug 2020 06:03 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 15:22 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/78925 |
Actions (login required)
View Item |