Machinima Autonomous Lighting Berdasarkan Kebiasaan Sutradara Menggunakan Logika Fuzzy

Andreas, Andreas (2020) Machinima Autonomous Lighting Berdasarkan Kebiasaan Sutradara Menggunakan Logika Fuzzy. Doctoral thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111360010005-disertation.pdf]
Preview
Text
07111360010005-disertation.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu komponen yang sangat penting dalam sinematografi adalah cahaya. Dalam sebuah produksi film, proses pencahayaan ini dirasakan sangat sulit dan memakan waktu serta biaya. Oleh karena itu dibutuhkan peran komputer untuk menanganinya. Ilmu komputer dalam computer graphics yang berhubungan dengan hal ini adalah machinima.
Salah satu sistem yang dapat diterapkan untuk menggantikan peran sutradara dalam pencahayaan ini adalah logika fuzzy. Logika fuzzy digunakan karena bekerja mengikuti aturan dan hal ini menyerupai sutradara dalam mengatur pencahayaan. Pada penelitian ini dikemukakan bahwa pengaturan pencahayaan tersebut dipengaruhi oleh situasi pada set, point-of-view, intensitas cahaya terpasang, posisi kamera aktif serta emosi dari karakter utamanya. Pada penelitian ini diusulkan suatu sistem FIS (Fuzzy Inference System) yang bekerja berdasarkan kelima hal tersebut dan diberi nama SPICE (Situation, PoV, Intensity, Camera, and Emotion) system. SPICE system ini akan menghasilkan keluaran berupa intensitas cahaya tambahan, spot angle, posisi serta arahnya.
Dari penelitian didapat bahwa logika fuzzy dapat digunakan sebagai virtual director. Penentuan parameter sumber cahaya tambahan dapat dilakukan cukup baik meskipun masih ada keterbatasan untuk PoV kamera yang jauh, seperti extreme long shot. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa proses perhitungan logika fuzzy untuk menentukan intensitas cahaya yang dibutuhkan serta posisi, arah dan spot angle dari sumber cahaya tambahan dapat diterima oleh para desainer film animasi 3D.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Machinima, autonomous lighting, logika fuzzy, virtual director, film animasi
Subjects: T Technology > TR Photography > TR897.7 Computer animation
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20001-(S3) PhD Thesis
Depositing User: Andreas Andreas
Date Deposited: 27 Aug 2020 05:54
Last Modified: 03 Oct 2023 02:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79066

Actions (login required)

View Item View Item