Retnoningtyas, Dyah Ayu (2020) Strategi Peningkatan Pelayanan Angkutan Umum Perkotaan Rute Lyn A Berdasarkan Preferensi Pengguna Di Kota Kediri. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
08211640000078-Undergraduate_Thesis.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Kota Kediri sebagai pusat kegiatan wilayah yang melayani beberapa kabupaten dan kota di sekitarnya. Hal tersebut membuat pergerakan di dalam kota maupun yang berasal dari luar kota meningkat. Penggunaan kendaraan pribadi serta meningkatnya kendaraan jumlah bermotor membuat kondisi jalan semakin padat. Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan jumlah angkutan perkotaan yang menurun dalam sepuluh tahun terkahir, hal ini disebabkan oleh berkurangnya minat masyarakat terhadap angkutan perkotaan tersebut.Kota Kediri memiliki 5 trayek lyn dengan total unit 41 angkutan. Lyn A merupakan salah satu trayek dengan rute terpanjang yakni 16,35 km dan melalui beberapa daerah strategis seperti kawasan perdagangan dan jasa,pendidikan, serta pemerintahan. Namun demikian nilai load factor untuk angkutan ini masih di bawah standar Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Untuk meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan angkutan umum ini, maka perlu disusun strategi peningkatan pelayanan angkutan umum dalam kota pada rute Lyn A berdasarkan preferensi pengguna.
Untuk mencapai tujuan penelitian ini, maka terdapat tiga sasaran yaitu : 1) mengidentifikasi karakteristik pelayanan angkutan umum perkotaan rute Lyn A dan kinerja pelayanannya berdasarkan faktor-faktor pelayanan angkutan umum dengan analisa statistik deskriptif, 2) menganalisis preferensi masyarakat terhadap kinerja angkutan umum berdasarkan faktor-faktor pelayanan angkutan umum rute Lyn A dengan Importance Performance Analysis, 3) merumuskan strategi peningkatan pelayanan angkutan umum rute Lyn A dengan analisa deskirptif.
Dari hasil penelitian ini diperoleh empat faktor utama yang mempengaruhi preferensi pengguna terhadap kinerja Lyn A yaitu keteraturan, waktu tunggu, ketersediaan moda, dan informasi. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk meningkatkan kinerja keempat faktor tersebut meliputi penentuan besar headway sesuai kondisi waktu puncak dan non puncak, pemantauan layanan dan implementasi kebijakan di lapangan secara langsung maupun tidak secara berkala, pendataan jumlah angkutan aktif,mengkaji jumlah kebutuhan angkutan, melengkapi atribut informasi pelayanan, meningkatkan pelayanan dengan memperhatikan besarnya waktu tunggu, mengembangkan sistem reward bagi operator yang memberikan pelayanan optimum dari sisi waktu tunggu, mengintegrasikan informasi waktu tunggu setiap armada di setiap lokasi pemberhentian halte dan terminal pada sistem aplikasi Traker, menjaga konsisitensi atau keteraturan jadwal, mengoptimalkan fungsi koperasi Kopatan bagi pengemudi angkutan.
=======================================================================================================
Kediri city is the center of regional activites which serve other districts and cities around it. This causes inside or outside city movement arise. The use of private mode and increasing motorized in a significant amountcontribute dense traffic. In contrast, the use of public transportation is declining because of people’s low interest. According to existing condition, Kediri has five Lyn routes which Lyn A is the longest routes and serves strategic areas, such as commercial and services, education, and government office areas. However, its load factor value is still bellow the standard. For improving society's interest in using public transportation needs enhancement strategy according to user’s preference.
In this study, three objectives are : (1) Identify the characteristics and performance of the public transportation according to the service’s attributes in Lyn A using descriptive statistic analysis. (2) Analyze the user’s preference against performance of public transportation using Importance Performance Analysis. (3) Formulate the improvement of public transportation service in Lyn A route with descriptive analysis.
This study results that there are four significant service’s attributes which contribute user’s expectation on Lyn A’s performance such as regularity, waiting time, availability of modes, and information. Consequently, some strategies to improve its performance are needed, such as determining of significant hedaway corresponding with peak and non-peak time; monitoring the service delivered at field and policiy implementation; collecting the vehicles that operate regularly; evaluating the needs of plubic transportation mode; improving the service by regarding the waiting time; developing a reward system for operators that provide optimum service in terms of waiting time; integrating the waiting time information with the Traker application system; maintaining consistency or regular schedule; optimizing the function of public transportation drivers association (Kopatan).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kinerja, angkutan umum perkotaan, preferensi pengguna, performance, public transportations, user’s preference |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Dyah Ayu Retnoningtyas |
Date Deposited: | 19 Aug 2020 07:55 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 14:56 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/79201 |
Actions (login required)
View Item |