Re-desain Interior Gedung Akademik SMA Muhammadiyah 10 GKB Berkonsep Futuristik Dengan Optimasi Pencahayaan Untuk Mendukung Kegiatan Pembelajaran

Amalia, Maulidia Intan (2020) Re-desain Interior Gedung Akademik SMA Muhammadiyah 10 GKB Berkonsep Futuristik Dengan Optimasi Pencahayaan Untuk Mendukung Kegiatan Pembelajaran. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08411640000033-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08411640000033-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Sekolah sudah menjadi rumah kedua bagi siswa. Hal ini disebabkan oleh besarnya waktu yang dihabiskan siswa di sekolah. Oleh karena itu menciptakan lingkungan yang nyaman merupakan hal yang penting dilakukan. Salah satu kondisi fisiologis yang berpengaruh terhadap kenyamanan adalah tersedianya pencahayaan yang cukup. Pencahayaan yang cukup di sekolah dapat mendukung kegiatan pembelajaran baik itu di kelas maupun di laboratorium. Oleh karena itu, pencahayaan pada ruang ajar dirasa perlu perhatian khusus.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif desain ruang dengan mengoptimalkan pencahayaan pada ruang ajar, khusunya pada SMA Muhammadiyah 10 GKB. Gaya interior futuristik dipilih untuk menyesuaikan bentuk arsitektural bangunan gedung SMA. Perancangan ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi SMA Muhammadiyah 10 GKB baik secara desain maupun fungsinya.

===========================================================================
School has become a second home for student. This phenomenon happens due to the large amount of time student spent at school each day. Therefore, creating a comfortable envirotment is an important thing to do. One of the physiological condition that affect comfort is the availability of adequate lighting. An adequate lighting in school can support learning activities both in the classroom or in the laboratory. Hence, lighting aspect in a teaching room needs special attention.
This study aims to provide an alternative spatial design by optimizing the lighting in the teaching room, especially at SMA Muhammadiyah 10 GKB. The futuristic interior style was chosen to match the architectural design of the building. This design is expected to have a positive impact on SMA Muhammadiyah 10 GKB both in design and function.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: desain interior, futuristik, pencahayaan, sekolah interior design, futuristic, lighting, school
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA6600 Education buildings
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Maulidia Intan Amalia
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:48
Last Modified: 10 Jul 2023 15:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79216

Actions (login required)

View Item View Item