Analisis Kelayakan Finansial Proyek Pembangunan Jaringan Telekomunikasi di Kawasan Wisata Nusa Penida, Bali (Studi Kasus: PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk Witel Singaraja)

Putri, Olga Amelia Veda (2020) Analisis Kelayakan Finansial Proyek Pembangunan Jaringan Telekomunikasi di Kawasan Wisata Nusa Penida, Bali (Studi Kasus: PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk Witel Singaraja). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02411640000167-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan berjalannya waktu, pertumbuhan pariwisata di Bali semakin berkembang pesat. Pemerintah Daerah Bali melihat potensi yang besar untuk mengembangkan pariwisata Bali guna meningkatkan sumber perekonomian daerah. Salah satu daerah yang dikembangkan adalah Nusa Penida. Pariwisata di kawasan Nusa Penida sudah semakin berkembang, akan tetapi perkembangan tersebut belum diiringi dengan perkembangan infrastruktur yang memadai terutama telekomunikasi. Disisi lain, kebutuhan wisatawan terhadap saluran komunikasi semakin besar. PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk Witel Singaraja, melihat hal tersebut sebagai peluang yang harus segera ditangkap dengan meningkatkan pelayanan terhadap ketersediaan jaringan di daerah Nusa Penida tersebut. Proyek peningkatan ketersediaan jaringan merupakan salah satu proyek pembangunan dalam skala besar, karenanya dibutuhkan perhitungan dan analisis kelayakan ekonomis untuk mengetahui apakah rencana proyek pembangunan jaringan telekomunikasi tersebut menguntungkan perusahaan secara finansial atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan analisis kelayakan ekonomis dari proyek pembangunan jaringan telekomunikasi. Hasil penelitian menunjukkan pembangunan jaringan telekomunikasi di Nusa Penida layak dilakukan karena memenuhi tiga kriteria kelayakan yakni NPV, IRR, dan Payback Period. Nilai NPV yang didapatkan sebesar Rp 14.648.233.026, IRR sebesar 59,07% yang melebihi nilai MARR sebesar 12,98%, dan payback period selama 2 tahun 9 bulan. Analisis bauran pemasaran dilakukan setelah mendapatkan hasil kelayakan finansial untuk mengetahui besaran komposisi jenis produk yang optimal untuk mencapai target penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: feasibility study, kelayakan finansial, bauran pemasaran, pembangunan jaringan telekomunikasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.24 Feasibility studies. Feasibility appraisals
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Olga Amelia Veda Putri
Date Deposited: 27 Aug 2020 12:48
Last Modified: 27 Aug 2020 12:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79219

Actions (login required)

View Item View Item