STUDI KELAYAKAN JALAN LINGKAR TIMUR MALANG RAYA DITINJAU DARI SEGI EKONOMI

Dini Sukma Salsabilla, Salsabilla (2020) STUDI KELAYAKAN JALAN LINGKAR TIMUR MALANG RAYA DITINJAU DARI SEGI EKONOMI. Undergraduate thesis, Institiut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
03111640000047_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Kota Malang merupakan salah satu kota besar yang ada di provinsi Jawa Timur. Hal ini menjadikan Kota Malang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Banyaknya kunjungan wisatawan dari luar Kota Malang mempengaruhi tingkat arus lalu lintas dan volume kendaraan di Kota Malang. Maka dari itu, pemerintah Kota malang berencana untuk mengurangi kemacetan dan mengurangi volume kendaraan pada pusat kota dengan melakukan pembangunan jalur jalan lingkar di Kota Malang. Jalan lingkar adalah jalan yang melingkari pusat suatu kota fungsinya agar kendaraan dapat mencapai bagian kota lainnya tanpa harus melalui pusat kota. Rencana pembangunan Jalan Lingkar Timur Kota Malang ini sendiri sebenarnya telah dicanangkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Malang Bersama dengan Dinas Perhubungan Kota Malang sejak tahun 2014. Rencana pembangunan jalur nya melalui rute jalan Satsui Tubun – Mayjen Sungkono, jalan arteri Mayjen Sungkono – Bugis dan Jalan Bugis – Singosari. Yang akan terbagi dalam 3 segmen. Untuk mengetahui layak dibangun atau tidaknya jalan lingkar tersebut dari segi kelayakan ekonomi maka dibutuhkanklah Studi Kelayakan Jalur Jalan Lingkar Timur Malang Raya Ditinjau dari Segi Ekonomi. Berdasarkan permasalahan diatas dan untuk menyelesaikan studi ini, maka diperlukan data-data yang menunjang pengerjaaannya. data yang diambil adalah data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Data Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR), data suku bunga, nilai investasi, dan data inflasi Bank Indonesia. Dari data tersebut akan dilakukan analisis kelayakan. Analisis kelayakan dilakukan dengan menghitung Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dari jalan eksisting dan jalan lingkar, menghitung nilai waktu (time value) dengan harga dasar menggunakan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) , menghitung penghematan (Saving), menghitung Benefit Cost Ratio (BCR), menghitung Internal Rate of Return (IRR), serta Net Present Value (NPV). Dari hasil analisa kelayakan yang dilakukan , dinyatakan bahwa Jalan Lingkar Timur Malang Raya layak dari segi ekonomi dengan Net Present Value (NPV ) sebesar Rp1,271,586,330,515 > 0 , Benefit Cost Ratio (BCR) 2,01 > 1, IRR sebesar 14,267 % > Discount Rate 5,09%, Rencana lama Konsesi Pembangunan yaitu 20 tahun. Kata Kunci : Jalur Jalan Lingkar, Jalan Lingkar Malang Raya, Analisis Kinerja Lalu Lintas, Studi Kelayakan, Kelayakan Jalan Lingkar. ========================================================= Abstrac Malang City is one of the big cities in East Java province. This makes Malang City visited by many tourists, both domestic and foreign. The number of tourist visits from outside Malang City affects the level of traffic flow and the volume of vehicles in Malang City. Therefore, the Malang City government plans to reduce congestion and reduce the volume of vehicles in the city center by building a ring road in Malang City. A ring road is a road that circles the center of a city so that vehicles can reach other parts of the city without having to go through the city center. The plan for the construction of the Malang City East Ring Road itself has actually been proclaimed by the Malang City Regional Development Planning Agency together with the Malang City Transportation Agency since 2014. The route development plan is through the Satsui Tubun - Mayjen Sungkono road route, the Mayjen Sungkono - Bugis artery road and the Bugis - Singosari. Which will be divided into 3 segments. To determine whether the ring road is feasible or not in terms of economic feasibility, a Feasibility Study on the East Ring Road of Malang Raya from an economic point of view is needed. Based on the above problems and to complete this study, data that support the work is needed. The data taken are Gross Regional Domestic Product (PDRB), Average Daily Traffic (LHR), interest rate data, investment value, and Bank Indonesia inflation data. From these data a feasibility analysis will be carried out. Feasibility analysis is carried out by calculating Vehicle Operating Costs (BOK) of existing roads and ring roads, calculating the time value with a base price using Gross Regional Domestic Product (PDRB), calculating savings (Saving), calculating the Benefit Cost Ratio (BCR) , calculating the Internal Rate of Return (IRR) and Net Present Value (NPV). From the results of the feasibility analysis carried out, it was stated that the East Malang Raya Ring Road was economically feasible with a Net Present Value (NPV) of IDR 1,271,586,330,515> 0, Benefit Cost Ratio (BCR) 2,01> 1, IRR of 14,267%> Discount Rate 5.09%, the old plan for the Development Concession is 20 years. Keywords: Ring Road Line, Great Malang Ring Road, Traffic Performance Analysis, Feasibility Study, Ring Road Feasibility.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Jalur Jalan Lingkar, Jalan Lingkar Malang Raya, Analisis Kinerja Lalu Lintas, Studi Kelayakan, Kelayakan Jalan Lingkar. Keywords: Ring Road Line, Great Malang Ring Road, Traffic Performance Analysis, Feasibility Study, Ring Road Feasibility.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA169 Reliability (Engineering)
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Dini Sukma Salsabilla
Date Deposited: 20 Aug 2020 04:16
Last Modified: 20 Aug 2020 04:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79248

Actions (login required)

View Item View Item