Konsep Perancangan Jalur Pedestrian Ramah Perempuan Di Jakarta

Dwiputri, Nabila (2020) Konsep Perancangan Jalur Pedestrian Ramah Perempuan Di Jakarta. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211640000069_Undergraduate_Thesis .pdf]
Preview
Text
08211640000069_Undergraduate_Thesis .pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dominasi ruang publik oleh laki-laki umumnya terbentuk oleh persepsi masyarakat mengenai peran dan fungsi gender. Seiring dengan berjalannya waktu aktivitas perempuan mulai mengalami variasi, seperti mengantarkan anak ke sekolah, berbelanja ke pasar, hingga pergi ke kantor. Guna mengakomodasi kegiatan tersebut, perempuan mulai memanfaatkan ruang publik salah satunya adalah jalur pedestrian yang menjadi penghubung dari kegiatan satu dengan yang lainnya. Sayangnya pelecehan/kekerasan seksual di jalur pedestrian kerap dialami oleh perempuan yang menggunakannya, hal inipun menjadi isu besar yang mempengaruhi mobilitas mereka.
Kota Jakarta merupakan salah satu kota besar yang berbahaya untuk perempuan tinggali. Sehingga penelitian inipun berfokus pada penggunaan jalur pedestrian ditinjau dari persepektif perempuan baik dari kondisi fisik dan non-fisik jalur pedestrian. Dengan metode penelitian deskriptif kualitatif penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan faktor penentu yang mempengaruhi perempuan dalam menggunakan jalur pedestrian di Jakarta..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi fisik dan non fisik jalur pedestrian di Jakarta sangat berpengaruh terhadap mobilitas perempuan ketika menggunakannya. Kepastian hukum yang jelas bagi korban dan pelaku pelecehan/kekerasan seksual menjadi harapan yang dapat diwujudkan sebagai bentuk awal rasa aman perempuan berada di ruang publik khususnya di jalur pedestrian.

==================================================================================================================

The dominance of public space by man shaped by people’s perceptions of gender roles and functions. Over time, women’s activities began to experience variations, such as taking children to school, going to the market and to the office. In order to accommodate these activities, women began to utilize public spaces, which was the pedestrian way that became a link between one activity to another. Unfortunately sexual harassment/violence in the pedestrian way is often experienced by women, so this problem has become a major issue affacting their mobility.
Jakarta is one of the big cities that is dangerous for women to live in. So this research focuses on the use of the pedestrian way in terms from women perspective both physical and non-physical conditions of the pedestrian way. With a descriptive qualitative research method, this study aims to find the determins that influence women in using the pedestrian way in Jakarta.
The result showed that the physical and non-physical condition pedestrian way in Jakarta influence on women’s mobility when using it. Clear legal certainty for victims and perpetrators of sexual harassment/violence is a hope that can be realized as an initial form of security for women in the public space, especially in pedestrian way.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jakarta, jalur pedestrian, perempuan, pelecehan/kekerasan seksual, Jakarta, pedestrian way, women, sexual harrasment/violence
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nabila Dwiputri
Date Deposited: 21 Aug 2020 04:21
Last Modified: 01 Nov 2023 01:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79380

Actions (login required)

View Item View Item