Achmad, Fariz (2020) POTENSI ALIH MODA ANGKUTAN OJEK ONLINE KE ANGKUTAN PENGUMPAN MIKROTRANS JAKLINGKO BERDASARKAN PREFERENSI PENGGUNA (STUDI KASUS : JAKARTA TIMUR). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
08211640000038-Undergraduate_Thesis.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kota Jakarta adalah salah satu kota yang memiliki tingkat kemacetan yang tinggi di Indonesia dan masuk ke 10 besar kota termacet di dunia. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah menyediakan berbagai moda transportasi publik seperti Bus Transjakarta, Commuter Line, MRT, LRT, dan bus reguler, di Jakarta dan masyarakat akan dihadapkan pada pilihan berbagai moda transportasi publik. Salah satu moda transportasi yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memenuhi kebutuhan transportasi pengumpan (feeder) adalah Mikrotrans Jaklingko. Namun masyarakat lebih memilih angkutan ojek online untuk memenuhi kebutuhan transportasinya menuju tujuan akhir dan 58% pengguna ojek online berasal dari pengguna angkutan umum.
Penelitian ini mengkaji potensi modal shift angkutan ojek online berbasis sepeda motor ke angkutan Mikrotrans Jaklingko sebagai angkutan pengumpan yang terintegrasi dengan angkutan lainnya di Jakarta Timur sebagai upaya menurunkan tingkat kemacetan dan meningkatkan penggunaan angkutan umum. Untuk mencapai tujuan tersebut, terdapat 3 sasaran dalam penelitian ini yaitu: 1) Mengidentifikasi karakteristik pengguna ojek online dan Mikrotrans Jaklingko; 2) Mengidentifikasi faktor-faktor perpindahan alih moda pengguna ojek online ke angkutan pengumpan Mikrotrans Jaklingko berdasarkan preferensi pengguna dengan variabel revealed preference dan stated preference menggunakan regresi model logit biner; 3) Mengestimasi peluang peralihan moda dari angkutan ojek online ke angkutan pengumpan Mikrotrans Jaklingko dengan model logit biner.
Hasil penelitian ini adalah terdapat variabel independen yang mempengaruhi peluang peralihan moda ke Mikrotrans Jaklingko yaitu variabel struktur dalam rumah tangga (X2), jumlah kendaraan (X4), waktu mulai perjalanan (X8) dan keterlambatan waktu sampai (X9) dengan besar peluang peralihan moda ke Mikrotrans Jaklingko dari model revealed preference yang dihasilkan sebesar 40%, sehingga dapat diintervensi faktor-faktor tersebut untuk meningkatkan peluang peralihan moda.
===============================================================================
Jakarta is in the top 10 of most traffic cities in the world. Various public transport modes such as Tranjakarta Bus, Commuter Line, MRT, LRT, and regular bus in Jakarta had been provided, hence, people have diverse choices over public transport modes. “Mikrotrans Jaklingko (a minibus feeder transportation)” is one of the available public transport to fulfil the need for feeder transportation, among others. However, people had preferred “Ojek Online (i.e. a form of online paratransit motorcycle)” compared to public transportation on making trips, whereas research has found that around 58% of the ojek online users came from former public transportation users.
This research examined the potential of modal shifting from “Ojek Online” to “Mikrotrans Jaklingko” as an effort to reduce traffic jam and support government on promoting public transportation. This research aims to: 1) Identify “Ojek Online” and “Mikrotrans Jaklingko” users characteristics; 2) Identify factors of modal shifting from “Ojek Online’ to “Miktrotrans Jaklingko” based on user preferences with “revealed preference” and “stated preference” survey; 3) Estimates the chance of modal shift from “Ojek Online” to “Mikrotrans Jaklingko” with binary logit model.
The results found that modal shifting was influenced by household structure (X2), the number of vehicles ownership (X4), departure times (X8), and arrival time delays (X9). The revealed preference model result showed, the probability of modal shift to Mikrotrans Jaklingko is 40% ; aimed at intervening those influencing factors.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mikrotrans Jaklingko, Online Ojek, Binary Logit Model Regression, ojek online, regresi model logit biner |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE336.C5 Choice of transportation |
Divisions: | Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Fariz Achmad |
Date Deposited: | 25 Aug 2020 01:57 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 06:43 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/79420 |
Actions (login required)
View Item |