Desain Multi-Purpose Research Vessel (MPRV) Dengan Penggerak Tambahan Flettner Rotor Sail Untuk Perairan Indonesia

Riyadhi, Dzaky Zamzam (2020) Desain Multi-Purpose Research Vessel (MPRV) Dengan Penggerak Tambahan Flettner Rotor Sail Untuk Perairan Indonesia. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111640000045_Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
04111640000045_Undergraduate-Thesis.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah laut yang sangat luas. Dengan luasnya laut Indonesia, dibutuhkan usaha untuk mengelolanya agar dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh laut Indonesia, yang salah satunya adalah riset kelautan. Mulai tahun 2020, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan memulai sebuah program bernama Foresight Riset Kelautan yang akan menjadi ujung tombang pemerintah dalam melakukan riset-riset kelautan di laut Indonesia yang selama ini terbengkalai. Akan tetapi, saat ini LIPI hanya memiliki dua kapal riset kelautan, yang bahkan dalam kondisi yang memprihatinkan. Untuk memecahkan masalah tersebut, pembuatan kapal riset dengan teknologi terbaru sarana yang efektif dalam meningkatkan kualitas penelitian di bidang kelautan. Maka, dalam Tugas Akhir ini akan dibahas sebuah moda transportasi berupa Multi-Purpose Research Vessel (MPRV) yang menggunakan penggerak tambahan Flettner Rotor Sail untuk perairan Indonesia. Dengan kapal ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas penelitian yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan di perairan Laut Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah yang meliputi pengumpulan data tinggi gelombang laut yang dihasilkan di beberapa laut Indonesia dengan mendatangi langsung Stasiun Meteorologi Tanjung Perak Surabaya, menentukan daerah pelayaran MPRV, menghitung ukuran utama awal MPRV, koefisien, hambatan, dan kebutuhan mesin, pemilihan mesin utama, mesin pembantu, dan mesin penggerak Flettner Rotor Sail, membuat rencana garis dan rencana umum, serta pemilihan peralatan penelitian kapal riset sesuai fungsinya. Hasil dari desain MPRV ini mendapatkan ukuran utama LOA : 96.47 m, LWL : 93.6 m, LPP : 90 m, B : 17.5 m, H : 9 m, T : 5.2 m. MPRV diproyeksikan untuk beroperasi di Laut Banda, dengan mempertimbangkan kecepatan angin dan tinggi ombak yang ada. Kapasitas orang didalam kapal adalah 54 orang dengan 24 awak, 24 peneliti, dan 6 technical support. Kapal ini menggunakan dua mesin motor penggerak dengan daya sebesar 1864 kW dan Flettner Rotor Sail dengan dimensi R : 3 m dan H : 18 + 2 m (fondasi) dengan daya mesin sebesar 55kW, putaran maksimum 250 RPM, dan Thrust Flettner Rotor Sail maksimum sebesar 100 kN. Biaya pembangunan yang dihabiskan untuk membangun MPRV ini sebesar Rp. 75,753,395,934.

==================================================================================================================

Indonesia is a country that has a very wide sea area. With the vast Indonesian sea, efforts are needed to manage it to maximize the potential of the Indonesian sea, one of which is marine research. Starting in 2020, the Indonesian Institute of Sciences (LIPI) will start a program called the Marine Research Foresight which will be the most ambitious government program in conducting marine research in the Indonesian seas that has been neglected. However, currently, LIPI only has two marine research vessels, which are even in poor condition. To solve this problem, build a research vessel with the latest technology is an effective means of improving the quality of research in the marine field. So, in this Final Project, a mode of transportation in the form of Multi-Purpose Research Vessel (MPRV) will be discussed which uses an additional driver of the Flettner Rotor Sail for the Indonesian sea. This ship is expected to be able to improve the quality of research that is fuel-efficient and environmentally friendly in the waters of the Indonesian Sea. This research was conducted in some steps which included collecting sea wave height data generated in several Indonesian seas by visiting the Tanjung Perak Surabaya Meteorological Station, determining the MPRV service area, calculating the initial main MPRV dimension, coefficients, resistance, and engine requirements, selecting the main engine, auxiliary engines, and Flettner Rotor Sail propulsion engines, make line plans and general arrangement, as well as the selection of research vessels research equipment according to their functions. The results of this MPRV design get the main size LOA: 96.47 m, LWL: 93.6 m, LPP: 90 m, B: 17.5 m, H: 9 m, T: 5.2 m. The MPRV is projected to operate in the Banda Sea, considering the prevailing wind speed and wave height. The capacity of people on board is 54 people with 24 crew, 24 researchers, and 6 technical support. This ship uses two engine motors with power of 1864 kW and Flettner Rotor Sail with dimensions R: 3 m and H: 18 + 2 m (foundation) with engine power of 55kW, maximum rotation of 250 RPM, and Thrust Flettner Rotor Sail maximum of 100 kN. The construction cost of the MPRV is Rp. 75,753,395,934.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Banda Sea, Flettner Rotor Sail, LIPI, Marine Research, Multi-Purpose Research Vessel.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dzaky Zamzam Riyadhi
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:24
Last Modified: 08 Jun 2023 14:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79431

Actions (login required)

View Item View Item