PENERAPAN GREEN VALUE STREAM MAPPING (GVSM) UNTUK PERBAIKAN PRODUKSI SOFA PADA CV RIZKY MEUBEL

Abdillah, Hamzah (2020) PENERAPAN GREEN VALUE STREAM MAPPING (GVSM) UNTUK PERBAIKAN PRODUKSI SOFA PADA CV RIZKY MEUBEL. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411640000219-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02411640000219-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

CV Rizky Meubel yang merupakan salah satu IKM di Surabaya yang bergerak dibidang industri furniture dengan salah satu produk unggulannya berupa sofa. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan secara langsung, masih dapat ditemukan permasalahan pada efisiensi seperti produksi yang molor karena tidak ada standart waktu produksi, penataan gudang yang tidak rapi. Selain itu, dari segi lingkungan CV Rizky Meubel masih banyak menggunakan bahan sintetik yang dapat berdampak pada lingkungan dan kesehatan pekerja. Dengan menerapkan integrasi antara konsep lean dan sustainable, selain mendapatkan keuntungan peningkatan profit, perusahaan juga ikut andil dalam mengurangi risiko industri terhadap lingkungan. Dengan menggunakan pendekatan visualisasi flow atau peta alur kerja dalam menggambarkan proses produksi dengan jelas, Green value stream mapping merupakan bentuk modifikasi dari value stream mapping dimana visualisasi proses produksi tidak hanya mencangkup dari aspek finansial, tetapi juga dari aspek lingkungan. Setelah memetakan kondisi current state selanjutnya akan dilakukan identifikasi masalah menggunakan metode Fishbone diagram dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk menemukan masalah pada proses produksi beserta bobot dari setiap masalah, pembobotan tersebut berfungsi untuk menentukan prioritas masalah yang akan diperbaiki. Terdapat lima usulan perbaikan, yaitu; pelatihan karyawan, prosedur pengecekan material kain, perubahan layout, sistem gudang yang baru dan rekomendasi green material. Kondisi pasca penerapan perbaikan akan ditampilkan pada GVSM future state sebagai visualisasi flow produksi yang baru dengan perubahan pada aspek leadtime, energy dan material. Dari usulan tersebut dapat diketahui bahwa usulan perbaikan layak diterapkan, kecuali perbaikan saran green material yang membutuhkan analisa lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Produksi sofa, CV Rizky Meubel, Green VSM, Fishbone diagram, FMEA,Sofa production
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS176 Manufacturing engineering. Process engineering (Including manufacturing planning, production planning)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Hamzah Abdillah
Date Deposited: 23 Aug 2020 06:20
Last Modified: 04 Nov 2023 13:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79445

Actions (login required)

View Item View Item