ARAHAN PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL BERBASIS SEPATU DI DESA MASANGAKULON KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN SIDOARJO

Ardiyanto Putra, Krismansyah Ragil (2020) ARAHAN PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL BERBASIS SEPATU DI DESA MASANGAKULON KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN SIDOARJO. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211640000057-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08211640000057-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemerintah Kabupaten Sidarjo memiliki program pengembangan sentra-sentra UMKM sebagai kampoeng-kampoeng wisata industri dengan tujuan untuk peluang investasi dan usaha berbasis potensi perekonomian rakyat. Salah satu sentra UMKM di Sidoarjo adalah Sentra Sepatu di Desa Masangankulon Kecamatan Sukodono. Penataan ini mendukung program pemerintah dalam meningkatkan sektor ekonomi dan pariwisata yang telah tertuang dalam (RTRWkabupaten sidoarjo tahun 2009 – 2029) dan juga melalui kebijakan Pemerintah Dinas Koperasi dan UMKM kabupaten Sidoarjo melalui peraturan Bupati No 31 Tahun 2017 Tentang fungsi serta tata kerja Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo yang salah satunya berbunyi pelaksanaan fasilitasi yang meliputi, promosi, pameran, Kerjasama antar usaha mikro dengan badan usaha lain, hingga penyediaan pinjaman kredit. Berdasarkan peraturan yang sudah berlaku dan ditetapkan masihbelum terlaksana sepenuhnya. Sehingga perlu arahan untuk meningkatkan pengembangan ekonomi lokal sepatu di Desa Masangankulon. Untuk mendapatkan arahan tersebut diperlukan tahapan sebagai berikut (1) mengindentifikasi karakteristik ekstisting Kawasan pengembangan ekonomi lokal sepatu di desa Masangankulon Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo menggunakan analisis deskriptif (2) menentukan variable penting yang mempengaruhi pengembangan ekonomi lokal di wilayah tersebut dengan menggunakan metode analisis delphi (3) merumuskan Arahan pengembangan ekonomi lokal berbasis sepatu di Desa Masangankulon Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo menggunakan triangulasi.

Kata Kunci: Pengembangan Ekonomi Lokal, Sepatu, Masangan Kulon

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Ekonomi Lokal, Sepatu, Masangan Kulon, Local Economic Development. Shoes, Masangan Kulon
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Krismansyah Krismansyah
Date Deposited: 26 Aug 2020 08:15
Last Modified: 28 Aug 2023 00:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79542

Actions (login required)

View Item View Item