Sabrina, Wildarus (2020) Skenario Penerapan Congestion Pricing Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Raya Darmo, Jalan Urip Sumoharjo Dan Jalan Basuki Rahmat Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
08211640000017_Undergraduate_Thesis.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Tingginya permintaan pergerakan mengakibatkan kemacetan yang ditandai ketidakmampuan suatu ruas jalan untuk menampung volume lalu lintas kendaraan terutama pada jam sibuk. Penerapan congestion pricing diharapkan mampu mengurangi masalah kemacetan terkait manajemen permintaan pergerakan melalui pengendalian perilaku perjalanan dalam jangka panjang. Studi dilakukan untuk mengetahui potensi penerapan congestion pricing pada ruas Jalan Raya Darmo, Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan Basuki Rahmat sebagai salah satu ruas jalan strategis di koridor utara-selatan. Metode yang digunakan yaitu analisis regresi logistik untuk mengetahui variabel yang berpengaruh terhadap kesediaan penggunaan jalan berbayar pada pengguna kendaraan roda dua (R2) dan kendaraan roda empat (R4). Selanjutnya metode analisis regresi linier berganda berdasarkan data stated preference digunakan untuk mengetahui hubungan kuantitatif antara respon pengguna jalan terhadap 9 skenario congestion pricing yang mempertimbangkan biaya dan waktu perjalanan. Hasil regresi linier berganda berupa pemodelan probabilitas akan digunakan sebagai bahan input dalam proses simulasi perubahan tingkat pelayanan jalan. Hasil studi menunjukkan bahwa terdapat beberapa variabel yang mempengaruhi kesediaan penggunaan jalan berbayar. Pada pengguna jalan kendaraan R2, variabel yang berpengaruh adalah jenis kelamin dan durasi waktu melintas. Sedangkan pada pengguna jalan kendaraan R4, variabel yang berpengaruh adalah variabel pendapatan, durasi waktu melintas serta biaya parkir. Pemodelan probabilitas perubahan perilaku perjalanan pengendara R2 dinyatakan melalui persamaan P1=(exp(-0,302-0,182X1-0,070X2))/(1+exp(-0,302-0,182X1-0,070X2)) dan pengendara R4 dinyatakan melalui persamaan P1= (exp(0,195-0,090X1-0,046X2))/(1+exp(0,195-0,090X1-0,046X2)) dimana X1 dan X2 adalah selisih biaya dan waktu perjalanan dengan dan tanpa congestion pricing. Hasil uji sensitivitas menunjukkan bahwa probabilitas perubahan perilaku penguna jalan pada kendaraan R2 signifikan pada selisih biaya perjalanan sebesar Rp 1.000,00 dengan penghematan waktu sebesar 5 menit sedangkan pada pengguna jalan dengan kendaraan R4 signifikan pada selisih biaya perjalanan sebesar Rp 3.000,00 dan penghematan waktu sebesar 1 menit. Simulasi 9 skenario congestion pricing menunjukkan bahwa skenario 7 dengan penambahan biaya Rp 6.000,00 untuk kendaraan R2 dan Rp 12.000,00 untuk kendaraan R4 dalam sekali perjalanan serta penghematan waktu sebesar 5 menit memberikan efek perubahan tingkat pelayanan jalan secara mayoritas menjadi Level of Service (LOS) A. Namun jika mempertimbangkan rata-rata tarif maksimal dan senstivitas model maka skenario terbaik yang dapat diterapkan yaitu skenario 1 dengan penambahan total biaya Rp 2.000,00 untuk kendaraan R2 dan Rp 4.000,00 untuk kendaraan R4 dalam sekali perjalanan serta penghematan waktu sebesar 5 menit.
=================================================================================================
The high demand for travel effects traffic in congestion that is showed by the inability of a road’s capacity to accommodate the volume, especially during peak hours. The implementation of congestion pricing is expected to reduce congestion problems related to travel demand management through controlling long-term travel behavior. This study aims to determine the potential implementation of congestion pricing on Jalan Raya Darmo, Jalan Urip Sumoharjo and Jalan Basuki Rahmat as strategic road sections in the north-south corridor in Surabaya City. The method used is logistic regression analysis to find out the significant variables that influence the willingness to use paid roads for users of two-wheeled vehicles (R2) and four-wheeled vehicles (R4). Furthermore, the method of multiple linear regression analysis based on stated preference data is used to determine quantitatively the relationship between response of road users to 9 scenarios of congestion pricing that considers cost and travel time. The results of multiple linear regression in the form of probability modeling will be used as input in simulation process of changing road’s level of service. The result of the study shows that there are several variables that affect the willingness to use the paid road. In R2 vehicle users, gender and time duration for passing paid road are significant variables. While in R4 vehicle users, the variables that influence significantly are income, duration for passing paid road and parking fees. The probability model of changing travel behaviour is as following, P1=(exp(-0,302-0,182X1-0,070X2))/(1+exp(-0,302-0,182X1-0,070X2)) for R2 riders and P1= (exp(0,195-0,090X1-0,046X2))/(1+exp(0,195-0,090X1-0,046X2)) for R4 riders where X1 and X2 are the difference in cost and travel time between scenario of with and without congestion pricing. The sensitivity analysis shows that the probability of change in the behavior of road users on R2 vehicle is significant at a difference in travel costs of IDR 1,000.00 and travel time difference of 5 minutes. Meanwhile, the change of probability of R4 user behavior is significant at the difference of travel cost of IDR 3,000.00 and travel time of 1 minute. Result of 9 congestion pricing scenarios show that scenario 7 with an additional total cost of IDR 6,000.00 for R2 vehicles and IDR 12,000.00 for R4 vehicles and time savings of 5 minutes gives the effect of changing the level of road service in the majority to Level of Service (LOS) A. However, if considering the average maximum cost and sensitivity of the model, the best scenario that can be applied is scenario 1 with an additional total cost of IDR 2,000.00 for R2 vehicles and IDR 4,000.00 for R4 vehicles and time savings of 5 minutes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | congestion pricing, stated preference, tingkat pelayanan jalan, level of service |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE336.C5 Choice of transportation |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Wildarus Sabrina |
Date Deposited: | 21 Aug 2020 05:44 |
Last Modified: | 19 May 2023 14:31 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/79563 |
Actions (login required)
View Item |