Biblica Synesthesia: Threshold Partisipasi Ruang Arsitektur

Putra Wudaljitno, Nandhita Narendratmaja (2020) Biblica Synesthesia: Threshold Partisipasi Ruang Arsitektur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111640000061-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08111640000061-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Persepsi manusia merupakan sebuah komponen penting yang menjadi
landasan desain arsitektur. Bagaimana arsitektur dibentuk sebagai sebuah ruang bergantung pada hal ini. Namun perkembangan teknologi telah menciptakan sebuah kondisi dimana persepsi manusia dapat berubah, Fenomena ini mengangkat kembali sebuah topik klasik di dalam arsitektur yaitu partisipasi, tentang bagaimana arsitektur dapat dibaca dan dipersepsikan dalam benak manusia. Terdapat ambiguitas dimana arsitektur dapat dipersepsikan dalam potongan saat dia berpartisipasi dengan kualitas auralnya atau dipersepsikan secara utuh dengan kualitas informasinya.

Proyek ini berusaha mencari dalam bentuk apakah arsitektur dapat berpartisipasi dalam perubahan persepsi ini. Dicari sebuah threshold dimana
persepsi ruang secara parsial dan secara utuh dapat hadir bersandingan di dalam arsitektur. Hal ini dilakukan dengan menciptakan sebuah desain dengan kualitas intensitas yang gradual untuk menciptakan potensi-potensi yang berbeda dengan bagaimana ruang itu dibaca.

Desain arsitektur sendiri akhirnya menjadi sebuah eksplorasi terhadap kontrol informasi atau visual input. Dengan menganalisa sebuah lukisan karya William Holman yang berhasil menciptakan posibilitas dimana kedua persespi ini dapat hadir secara bersamaan, ditemukanlah sebuah komponen visual yaitu aperture. Eksplorasi terhadap aperture dilakukan untuk menemukan threshold tipis partisipasinya ruang arsitektur dalam perubahan persepsi bagaimana dia dibaca.

====================================================================================================================

Human perception is an important component in architecture design.How architecture was formed depends on it. But innovation in technology had created a condition where human perception can change. This phenomenon brought back a classic topic in architecture that of participation, about how architecture is read and perceived inside the human mind. Exist an ambiguity where architecture can be perceived in small fragments when it participates with its spatial quality or perceived as a whole with its informational quality.

This project tries to find in what form can architecture participate on this
change of perception. Finding the threshold where the perception of architecture as fragments or as a whole can coexist simultaneously in space. This was done by creating a design with a gradual difference in its intensity quality to create the potential of multiple reading on how space itself was read.

The architecture design itself has become an exploration on information or
visual input control. By analysing a painting done by William Holman which succeeded in creating a possibility where both of these perception could exist
simultaneously, an important visual component was found that is aperture. Exploration on aperture was done to find the small slices of threshold where
architecture could participate in the changing perception on how itself was
perceived.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Threshold, Aperture
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA6600 Education buildings
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nandhita Narendratmaja Putra Wudaljitno
Date Deposited: 20 Aug 2020 03:35
Last Modified: 20 May 2023 07:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79620

Actions (login required)

View Item View Item