KOMBINASI ALGORITMA MODIFIKASI CAESAR CIPHER DAN RIVEST SHAMIR ADLEMAN UNTUK ENKRIPSI DAN DEKRIPSI PESAN

Owen, Renjiro (2020) KOMBINASI ALGORITMA MODIFIKASI CAESAR CIPHER DAN RIVEST SHAMIR ADLEMAN UNTUK ENKRIPSI DAN DEKRIPSI PESAN. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[thumbnail of FinalProjectReport_Renjiro-pages-1-6-merged.pdf]
Preview
Text
FinalProjectReport_Renjiro-pages-1-6-merged.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknologi telepon pintar berkembang sangat pesat pada jaman sekarang. Telepon pintar merupakan salah satu alat untuk mengirim pesan dengan efisien dan cepat. Ada banyak sistem operasi yang menjadi tulang punggung dari telepon pintar, salah satunya adalah sistem operasi android. Pesatnya laju perkembangan ini menyebabkan komunikasi yang lebih baik.
Komunikasi rahasia tidak boleh dibaca oleh orang ketiga yang tidak berhak.Akan tetapi banyak komunikasi bersifat rahasia yang terbaca oleh pihak yang tidak berhak untuk melihat. Selain dari sifat kerahasiaan data, integritas data juga harus dijaga agar tidak dapat diubah dengan mudah. Oleh karena itu diperlukan algoritma komputer untuk menjaga kerahasiaan dan integritas data. Banyak algoritma yang sudah dikembangkan sejak dahulu, seperti Alfine Cipher, Hill Cipher, Cipher Blok Chaining(CBC), dan sebagainya. Salah satu cara untuk menambah keamanan data adalah dengan menggabungkan dua atau lebih algoritma yang sudah lazim dikenal. Dua algoritma yang digabungkan dalam Tugas Akhir ini adalah algoritma Modifikasi Caesar Cipher dan algoritma RSA. Algoritma ini berhasil diimplementasikan di Android. Penggabungan dua algoritma ini meningkatkan keamanan data dan waktu dari enkripsi dan dekripsi. Algoritma MCCRSA baik digunakan ketika teks yang dikirim merupakan teks yang panjang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kriptografi, RSA, Caesar Cipher, Android
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Q Science > QA Mathematics > QA76.774.A53 Android
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.A25 Computer security. Digital forensic. Data encryption (Computer science)
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Renjiro Owen
Date Deposited: 21 Aug 2020 04:00
Last Modified: 05 Nov 2023 15:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79668

Actions (login required)

View Item View Item