ANALISIS KELAYAKAN DAN PEMILIHAN LOKASI GUDANG BAD STOCK DENGAN SKENARIO SEWA ATAU BANGUN PT. X

Danietama, Gabriel Oktaviany (2020) ANALISIS KELAYAKAN DAN PEMILIHAN LOKASI GUDANG BAD STOCK DENGAN SKENARIO SEWA ATAU BANGUN PT. X. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02411640000071-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan kebutuhan rumah tangga masyarakat Indonesia menyumbang produk domestik bruto (PDB) dengan jumlah sebesar Rp 2.298 trilliun atau setara dengan 56,52% berdasarkan pengeluaran TW III Tahun 2019. PT. X adalah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi dan import consumer goods. Dalam menjaga kualitas barang yang diterima oleh konsumen, maka PT. X melakukan proses retur barang yang dimana penentuan skenario penggunaan dan lokasi dari gudang bad stock menjadi krusial bagi perusahaan. Alternatif lokasi gudang bad stock terdiri dari lokasi Rungkut, Gedangan dan satu alternatif hasil perhitungan center of gravity (COG) yang berlokasi di Sukodono. Luas gudang yang dibutuhkan pada akhir tahun ke-20 dari masa operasional memiliki luas 2495 m2. Perhitungan COG dan luas gudang dilakukan berdasarkan data demand barang retur hasil simulasi monte carlo. Biaya transportasi dihitung berdasarkan hasil rute dari split delivery vehicle routing problem dengan time windows (SDVRPTW) dan algoritma heuristik nearest neighbour. Biaya transportasi tertinggi dihasilkan oleh skenario bangun lokasi Rungkut dengan biaya sebesar Rp 927.139.134/tahun dan biaya terendah berasal dari skenario bangun lokasi Gedangan sebesar Rp 868.414.887/tahun. Selain biaya transportasi, biaya-biaya capital expenditure (CAPEX) dan operational expenditure (OPEX) lainnya akan dihitung berdasarkan komponen biaya masing-masing skenario dan lokasi untuk memilih skenario dan lokasi gudang bad stock terbaik dengan parameter equivalent uniform annual cost (EUAC). Skenario sewa lokasi Gedangan dan Sukodono merupakan alternatif yang layak terhadap nilai EUAC kondisi eksisting dengan nilai sebesar Rp 5.943.271.104,04 dan Rp 5.992.894.217,89. Hasil analisis sensitivitas menunjukkan skenario sewa lokasi Gedangan memiliki rentang kelayakan yang lebih tinggi yaitu 3%-4% pada parameter demand dan 2%-3% pada koefisien biaya sewa truk, dibandingkan dengan lokasi Sukodono dengan rentang 1%-2% pada kedua parameter. Skenario sewa lokasi Gedangan terpilih karena memiliki penghematan EUAC tertinggi sebesar 1,36% dibandingkan dengan lokasi Sukodono sebesar 0,54% serta rentang kelayakan yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Inkremental, Analisis Kelayakan, Analisis Sensitivitas, Annual Equivalent Cost (AEC), Center of Gravity (COG), Nearest Neighbour, Penentuan Lokasi, Pemilihan Alternatif Investasi, Simulasi Monte Carlo, Vehicle Routing Problem (VRP)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.24 Feasibility studies. Feasibility appraisals
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > T Technology (General) > T57.84 Heuristic algorithms.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Gabriel Oktaviany Danietama
Date Deposited: 21 Aug 2020 07:10
Last Modified: 21 Aug 2020 07:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79684

Actions (login required)

View Item View Item