Integrasi Libqual Dan Kano Ke Dalam Quality Function Deployment (QFD) Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpustakaan ITS

Amalina, Fakhira Nur (2020) Integrasi Libqual Dan Kano Ke Dalam Quality Function Deployment (QFD) Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpustakaan ITS. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411640000192-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02411640000192-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Perpustakaan ITS merupakan pusat sumber belajar bagi civitas akademika di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Saat ini permasalahan yang terjadi pada Perpustakaan ITS adalah menurunnya jumlah pengunjung dari tahun 2017 hingga 2019. Hal ini menjadi salah satu indikasi adanya ketidakpuasan pengunjung terhadap layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kualitas pelayanan di Perpustakaan ITS dengan metode Libqual dan Kano ke dalam Quality Function Deployment (QFD). Hasil penelitian menyatakan bahwa semua kebutuhan pengunjung yang teridentifikasi pada penelitian ini masih belum memenuhi harapan pengunjung atau bersifat weakness. Adapun dari 35 kebutuhan pengunjung terdapat 20 kebutuhan pengunjung yang menjadi prioritas untuk dilakukan perbaikan yaitu 4 kebutuhan yang berkategori attractive, 8 kebutuhan berkategori one-dimensional, dan 8 kebutuhan berkategori must be. Selanjutnya, dilakukan identifikasi respon teknis untuk memenuhi kebuthan pengunjung menggunakan QFD. Berdasarkan perhitungan adjusted importance, kebutuhan pengunjung yang memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan adalah ketersediaan ruangan 24 jam yang nyaman (LP9), website mewakili seluruh informasi perpustakaan (IA4), dan kelengkapan informasi dan kecepatan respon pada layanan refdesk (email dan media sosial) (IA7). Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, respon teknis yang menjadi prioritas sebagai upaya peningkatan kualitas layanan. yaitu membuat jadwal konten online, melakukan publikasi terbaru mengenai perpustakaan, dan bandwidth diperbesar untuk internet menjadi prioritas bagi Perpustakaan ITS.
=========================================================
The ITS library is a learning resource center for the academic community at the Sepuluh Nopember Institute of Technology (ITS). The problem that occurs in the ITS Library is the decrease in the number of visitors from 2017 to 2019. This is an indication of visitor dissatisfaction with the service. This study aims to analyze the quality of service in the ITS Library with the Libqual and Kano method into the Quality Function Deployment (QFD). The results of the study indicate that all the visitor needs identified in this study have not met the expectations of visitors (weakness). As for the 35 visitor needs, there are 20 visitor needs that are prioritized for improvement, that are 4 needs categorized as attractive, 8 needs categorized as one dimensional, and 8 needs categorized must be. Furthermore, identification of technical responses to meet the needs of visitors using QFD is carried out. Based on the calculation of adjusted importance, visitor needs that have the greatest impact on satisfaction are the availability of a comfortable 24 hour room (LP9), the website represents all library information (IA4), and completeness of information and speed of response on refdesk services (email and social media) (IA7). To meet the needs of visitors, technical response priorities to improve service quality are scheduling online content, conducting publications about library’s new information, and enlarging bandwidth for the internet.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Libqual, Kano, Quality Function Deployment (QFD) Library, Libqual, Kano, Quality Function Deployment (QFD)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fakhira Nur Amalina
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:15
Last Modified: 05 Jul 2023 01:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79699

Actions (login required)

View Item View Item