RUMAH SEWA BERKELANJUTAN UNTUK BURUH DI KAWASAN INDUSTRI

rahardiyan, ari wicahyo (2020) RUMAH SEWA BERKELANJUTAN UNTUK BURUH DI KAWASAN INDUSTRI. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of RAHARDIYAN ARI WICAHYO_RUMAH SEWA BERKELANJUTAN UNTUK BURUH DI KAWASAN INDUSTRI.pdf] Text
RAHARDIYAN ARI WICAHYO_RUMAH SEWA BERKELANJUTAN UNTUK BURUH DI KAWASAN INDUSTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of RAHARDIYAN ARI WICAHYO_RUMAH SEWA BERKELANJUTAN UNTUK BURUH DI KAWASAN INDUSTRI.pdf] Text
RAHARDIYAN ARI WICAHYO_RUMAH SEWA BERKELANJUTAN UNTUK BURUH DI KAWASAN INDUSTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

RUMAH SEWA BERKELANJUTAN UNTUK BURUH DI KAWASAN INDUSTRI
(Studi Kasus : Permukiman Sekitar Pabrik Maspion 1 Waru Sidoarjo)

Nama : Rahardiyan Ari Wicahyo
NRP : 08111650010001
Pembimbing I : Dr. Dewi Septanti, S.Pd. ST. MT.
Pembimbing II : Dr. Ir. Rika Kisnarini, M.Sc.

ABSTRAK

Rumah sewa adalah kebutuhan utama bagi buruh pabrik, oleh karena itu harus memenuhi standar kelayakan dan kaidah keberlanjutan. Rumah sewa berkelanjutan dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya, agar mereka mempunyai kesempatan memperbaiki taraf kehidupannya. Oleh karenanya rumah sewa bagi buruh pabrik di kawasan industri yang disediakan oleh masyarakat / perorangan harus memenuhi standar keberlanjutan. Studi ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan dan mengevaluasi keberlanjutan rumah sewa buruh yang disediakan oleh masyarakat, untuk kemudian dirumuskan pedoman desain rumah sewa yang sesuai standar rumah layak huni, teori rumah berkelanjutan dan hasil evaluasi penelitian tentang rumah sewa untuk buruh pabrik di kawasan industri.
Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan positivisme dengan teknik pengambilan data primer dan sekunder melalui observasi lapangan, kuesioner dan wawancara mendalam bagi buruh pabrik (sebagai penyewa rumah) dan pemilik rumah. Pedoman desain rumah sewa yang berkelanjutan bagi buruh pabrik di area industri diperoleh dari analisa SWOT dan triangulasi meliputi standar rumah berkelanjutan, studi literatur, dan hasil evaluasi penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumah sewa di Desa Bangah dapat dikembangkan dengan pedoman desain rumah sewa berkelanjutan dalam upaya perbaikan kondisi fisik rumah sewa serta lingkungan sekitarnya. Strategi pemenuhan rumah sewa berkelanjutan didasarkan pada aspek-aspek yang telah teridentifikasi. Strategi pemenuhan tersebut dilakukan melalui perbaikan pada dimensi fisik bangunan rumah sewa buruh di Desa Bangah meliputi; pengadaan luas ruangan yang sesuai standar kelayakan huni; penggunaan bahan baku material yang mudah perawatannya, tahan lama serta mudah didapatkan; perbaikan jendela agar dapat memasukkan cahaya yang cukup kedalam ruangan; dan pengadaan penghawaan ventilasi silang guna mendapatkan sirkulasi udara yang lebih baik didalam ruangan.
Untuk mewujudkan rumah sewa berkelanjutan bagi buruh, diperlukan dukungan sosialisasi dan bantuan penyuluhan dari pemerintah sebagai regulator, partisipasi penyewa dalam hal pemeliharaan dan realisasi keinginan pemilik dalam mewujudkan rumah sewa yang layak huni dan berkelanjutan. Selanjutnya juga dibutuhkan pembangunan sarana dan prasarana yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan setempat serta kerjasama dengan pihak Pabrik Maspion 1 dalam pengadaan akses masuk ke Pabrik agar dapat dijangkau langsung oleh buruh yang tinggal di Desa Bangah.

Kata kunci : rumah sewa, keberlanjutan, buruh pabrik, kawasan industri

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA7115 Domestic architecture. Houses. Dwellings
Depositing User: rahardiyan ari wicahyo
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:30
Last Modified: 27 Aug 2020 03:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79764

Actions (login required)

View Item View Item