Studi Numerik Pengaruh Crosswind Terhadap Performa Aerodinamika Desain Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya

Wibisono, Timothy (2020) Studi Numerik Pengaruh Crosswind Terhadap Performa Aerodinamika Desain Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111640000093-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02111640000093-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Transportasi merupakan salah satu sektor penting penunjang kehidupan manusia untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya untuk berkegiatan. Kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang cukup diminati oleh penumpang di Indonesia. Meskipun demikian, moda transportasi kereta api masih jauh dari kondisi yang ideal karena waktu tempuhnya yang signifikan lebih lama apabila dibandingkan dengan pesawat. Waktu tempuh kereta api di Indonesia yang signifikan lebih lama daripada pesawat tersebut mendorong dilakukannya penyempurnaan pada kereta jarak jauh, terutama yang biasanya digunakan untuk melayani rute Jakarta – Surabaya. Untuk memenuhi kebutuhan moda transportasi umum yang lebih cepat, PT. Kereta Api Indonesia berencana membuat layanan kereta semicepat yang menghubungkan Kota Jakarta dan Kota Surabaya yang mampu melaju dengan kecepatan hingga 160 km/jam. Kereta yang melaju dengan kecepatan tinggi memiliki kemungkinan untuk terguling apabila terpapar oleh efek crosswind yaitu angin kencang dari samping, terutama bila melaju di rel dengan jenis narrow gauge track 1067mm. Oleh karena itu, pada penelitian ini efek crosswind akan diteliti pengaruhnya terhadap performa aerodinamika desain kereta semicepat Jakarta-Surabaya.
Pada penelitian ini dilakukan studi numerik secara tiga dimensi terhadap model kereta semicepat Jakarta-Surabaya menggunakan software ANSYS Fluent. Model kereta semicepat Jakarta-Surabaya tersebut akan diteliti pada kecepatan tertingginya, yaitu 160 km/jam atau 44,44 m/s dengan variasi kecepatan crosswind mulai dari u=0 m/s hingga kecepatan angin tertinggi 20 m/s dengan variasi kenaikan 5 m/s. Kecepatan kereta (v) yang tetap dan kecepatan angin (u) yang bervariasi akan membentuk sudut datang angin ψ tertentu dengan kecepatan resultan V∞ tertentu yang akan diteliti pengaruhnya dengan menggunakan model turbulensi steady

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Crosswind, Kereta Semicepat, Rolling Moment., Side Force, Tekanan, Crosswind, Medium Speed Train, Pressure, Rolling Moment, Side Force.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521 Aerodynamics, Hypersonic.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Timothy Wibisono
Date Deposited: 24 Aug 2020 05:04
Last Modified: 18 Jun 2023 13:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79781

Actions (login required)

View Item View Item