Pengaruh Kebijakan Ganjil-genap Terhadap Permintaan MRT (Mass Rapid Transit) Tahap 1 Jakarta

Indriani, Sri Oka (2020) Pengaruh Kebijakan Ganjil-genap Terhadap Permintaan MRT (Mass Rapid Transit) Tahap 1 Jakarta. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
082116400000085_undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Jakarta Selatan merupakan kawasan perkantoran dan perdagangan dan jasa yang merupakan tujuan komuter terbesar kedua setelah Jakarta Pusat. Hal tersebut berimbas pada Jalan Sisingamangraja, Panglima Polim dan R.S Fatmawati yang mayoritas perjalanannya berupa bekerja dan belanja. Perluasan Ganjil-genap diberlakukan pada 9 September 2019, salah satunya di koridor selatan Jakarta karena di koridor tersebut jaringan jalan yang sudah memadai dan tersedia kereta MRT yang melayani ruas jalan yang terdampak area perluasan Ganjil-genap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh Kebijakan Ganjil-genap terhadap permintaan MRT (Mass Rapid Transit) Jakarta Tahap 1 pada responden pekerja dan responden belanja Untuk mencapai tujuan tersebut, terdapat dua sasaran dalam penelitian ini yaitu : 1) Mengidentifikasi karakteristik dan pola perjalanan pekerja dan belanja dengan menggunakan Uji T dan Uji ANOVA; 2) Mengukur pengaruh kebijakan Ganjil-genap terhadap permintaan MRT (Mass Rapid Transit) Jakarta dengan menggunakan regresi logistik multinomial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh pada pekerja untuk beralih moda adalah Jumlah kepemilikan kendaraan pribadi (X4), Biaya Perjalanan (X11), dan Rute Perjalanan (X6). Sedangkan untuk variabel yang berpengaruh untuk beralih moda pada pelaku belanja adalah Rute Perjalanan (X6), Tingkat Pendapatan (X4), dan Jenis Kelamin (X1). Peluang peralihan moda dari mobil ke MRT setelah ganjil Genap pada responden pekerja sebesar 15% dan pada responden belanja sebesar 43, 4 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Ganjil-genap; MRT (Mass Rapid Transit), Regresi logistik multinomial Keywords : Odd-Even; MRT (Mass Rapid Transit), Multinomial logistic regression
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Sri Oka Indriani
Date Deposited: 21 Aug 2020 04:06
Last Modified: 21 Aug 2020 04:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79807

Actions (login required)

View Item View Item