EVALUASI RISIKO KESEHATAN KESELAMATAN KERJA (K3) MENGGUNAKAN METODE HIRARC PADA REPARASI KAPAL GALANGAN X

Yahya, Gita Surya and Pitana, Trika and Zaman, Muhammad Badruz (2020) EVALUASI RISIKO KESEHATAN KESELAMATAN KERJA (K3) MENGGUNAKAN METODE HIRARC PADA REPARASI KAPAL GALANGAN X. Other thesis, InstitutTeknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211640000045-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211640000045-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Perkembangan bisnis dunia mendorong peran dari industri maritim yang khususnya pada jasa pengiriman menggunakan logistic berupa kapal. Demikian pula dengan industri galangan yang memiliki tugas utama seperti pembuatan kapal dan reparasi kapal. Galangan X yang terletak di Tanjung Perak Surabaya menyediakan jasa reparasi kapal. Dalam pengerjaan baik pembuatan kapal baru atau reparasi kapal, risiko kecelakaan dapat terus menerus terjadi. Berbagai faktor yang mendukung kecelakaan tersebut terjadi, diantaranya faktor struktur organisasi yang kurang optimal, terbatasnya lokasi, minimnya pendataan dokumen terkait kecelakaan, pekerja yang tidak kompeten, tidak memiliki Standar Operational Procedure (SOP), dan faktor yang disebabkan oleh Sumber Daya Manusia itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk membantu Galangan X mengurangi kemungkinan risiko kecelakaan terjadi. Dalam pembuatan rekomendasi pengurangan risiko kecelakan, maka harus dilakukan analisa untuk mencari faktor-faktor yang berpengaruh pada risiko kecelakaan tersebut. Dengan melakukan evaluasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara menyeluruh, metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment, Risk Control) digunakan untuk mengidentifikasi potensi bahaya, menilai tingkat risiko (Risk Level) potensi bahaya, mengendalikan risiko agar dapat mengurangi kemungkinan terjadinya bahaya dan membuat risk ranking. Metode HIRARC cocok digunakan untuk Galangan X. dikarenakan dapat digunakan mengindetifikasi bahaya menggunakan data kecelakaan dan kondisi real lapangan, sehingga dapat digunakan walaupun perusahaan tidak memiliki data yang lengkap. Rekomendasi tindakan yang diusulkan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya risiko kecelakaan dapat bersifat teknis maupun bersifat manejemen seperti mengoptimalkan struktur organisasi Galangan, melakukan sertifikasi SMK3, ISO 9001, ISO 450001, dan membuat Standard Operational Procedure (SOP) yang dapat diimplementasikan untuk seluruh pekerja pada Galangan X.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Galangan, Kecelakaan, K3, SOP, HIRARC, OHS, Shipyard, Accidents
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Gita Surya Yahya
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:45
Last Modified: 06 Nov 2023 12:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79852

Actions (login required)

View Item View Item